Jepang, Aktual.com – Gunung Aso, yang merupakan gunung berapi di pulau utama selatan Jepang, Kyushu meletus hingga menyemburkan abu vulkanik setinggi 3.500 meter ke langit.

“Letusan gunung itu terjadi pada Rabu (20/10) sekitar pukul 11:43 waktu Tokyo,” kata Badan Meteorologi Jepang.

Sejauh ini belum ada laporan tentang korban atau kerusakan besar akibat letusan gunung yang terjadi di pulau Kyushu yang merupakan tujuan wisata populer di Jepang.

Namun, badan meteorologi Jepang menaikkan tingkat siaga gunung berapi ke level 3 dari skala 5 serta memberitahu orang-orang untuk tidak mendekati area gunung Aso.

Badan itu juga memperingatkan tentang adanya sejumlah fragmen batuan vulkanik besar dan aliran piroklastik yang menyebar dalam jarak sekitar 1 kilometer dari kawah gunung Nakadake.

Abu vulkanik yang jatuh dari salah satu puncak gunung setinggi 1.592 meter yang terletak di Prefektur Kumamoto itu akan terdeteksi di kota-kota terdekatnya hingga Rabu sore, menurut badan meteorologi Jepang.

Sebuah letusan kecil terjadi di Gunung Aso pada 2019. Pada September 2014, sebanyak 63 orang tewas di Gunung Ontake yang merupakan bencana vulkanik terburuk di Jepang selama hampir 90 tahun.

(Antara)

(Wisnu)