Jakarta, Aktual.co —Guru Besar UI Prof Hamdi Muluk mengaku kagum dengan ide dan gagasan Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dalam menjalankan roda pemerintahan, baik di Solo maupun di Jakarta. Pasalnya, Jokowi secara langsung mempraktikkan jalan keluar dari permasalahan sulit.

Hal itu diungkapkan Hamdi dalam acara peluncuran buku ‘Solusi Jokowi’ karya Michael Umbas di Jakarta, Sabtu (18/10). Hamdi membedah buku itu.

Hamdi lantas menyinggung pertemuan Jokowi dengan pimpinan Koalisi Merah Putih, Prabowo Subianto. Padahal, sebelumnya publik khawatir hasil pilpres lalu masih menyisakan bara yang bisa berujung pada proses pemakzulan pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla. Terlebih di parlemen partai pengusung dan pendukung sempat kaku dalam berkomunikasi dengan kubu Prabowo.

Nyatanya, Jokowi dengan enteng datang dan menemui Prabowo. Mantan Walikota Solo itu sekaligus mencairkan ketegangan dua blok di parlemen, Koalisi Indonesia Hebat dan Koalisi Merah Putih.

“Jokowi layak disebut pemimpin posmo. Diplomasinya simple, people to people. Dia temui Ical, pimpinan MPR, DPR dan DPD serta terakhir dengan jiwa besar menemui rivalnya Prabowo Subianto,” kata Hamdi.

()

()