Jember, Aktual.com – Tercatat pendaftar gerak jalan Tradisional Tanggul Jember hingga Sabtu (3/12) sudah mencapai 3000 peserta dari berbagai kategori. Meskipun masih kurang 2 minggu, animo masyarakat untuk mengikuti event tradisional ini sudah cukup tinggi. Rata- rata per hari ada 300 pendaftar. “Per hari sekarang rata-rata warga yang daftar mau ikut Tajem ada 200-300 orang, bahkan panitia harus mencetak nomor lagi, karena kehabisan,” ujar Lidya petugas penerima pendaftaran peserta Tajem yang nge pos di Gedung Balai Serba Guna Jember.

Data yang diterima media ini, jumlah peserta yang sudah resmi mendaftar untuk ikut lomba gerak jalan Tajemtra 2022 ini sudah mendekati angka 3000 dari 7000 peserta yang ditergetkan, dan jumlah ini akan terus bertambah, mengingat setiap hari selalu ada peserta yang mendaftar di titik tempat pendaftaran yang sudha ditentukan oleh panitia.

“Untuk peserta terbanyak yang sudah daftar saat ini dari perorangan, mencapai 70 persen, baik perorangan putra dan putri, sedangkan sisaanya yang 30 persen adalah kelompok beregu,” jelas Lidya.

Sementara Bambang CW selaku Sekretaris Panpel Tajemtra 2022, dari rekapitulasi yang dilakukan oleh panita per 2 Desember 2022, jumlah peserta saat ini yang sudah resmi mendaftar mencapai 2957 peserta, terdiri dari perorangan mencapai 1908 peserta, beregu pelajar baru 6 dan beregu umum 83 peserta.

“Untuk perorangan maupun beregu, masih didominasi peserta perempuan, untuk perorangan putri saja, jumlahnya 1019 peserta, untuk beregu pelajar putri sudah 4 pendaftar, sedangkan untuk beregu umum sudah 24 pendaftar,” jelas Bambang.

Bupati Jember H. Hendy Siswanto sendiri sudah mulai latihan gerak jalan Tajemtra bersama dengan sejumlah pejabat, seperti yang dilakukan pada Sabtu (3/12) pagi, usai melepas peserta jalan santai dalam rangka Hari Bhakti PU (Pekerjaan Umum), Bupati bersama kepala OPD melakukan latihan Tajemtra dari GOR PKPSO Kaliwates menuju Pendopo yang berjarak kurang lebih 4 km.

“Ya harus latihan dululah, dan hari ini saya latihan untuk Tajem bersama pejabat Pemkab Jember dengan jarak tempuh kurang lebih 4 km, karena jalan dibawah terik matahari, ya serasa jalan 8 km,” ujar Bupati berkelakar.

Bupati pun mengajak masyarakat Jember untuk segera mendaftar dan meramaikan gerak jalan Tajemtra, dan Pemkab Jember sendiri sudah menyiapkan hadiah senilai total 200 juta.

(Aminuddin Aziz)

(Aminuddin Aziz)