Jakarta, Aktual.co —Menyusul dengan ancaman banjir di musim penghujan ini, Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta melakukan perbaikan terhadap sembilan pompa air yang rusak. Mereka menargetkan perbaikan pompa air tersebut akan selesai pada Desember mendatang.
Kesembilan pompa air yang sedang diperbaiki tersebut terletak di Kompleks Induk Koperasi Pegawai Negeri (IKPN) Bintaro, Pulo Raya, Kemang, Kebon Baru, dan Bidara Cina.
“Sekarang semuanya sedang diperbaiki. Kami targetkan bulan depan semua pompa sudah bisa berfungsi dengan baik,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta Agus Priyono di Balai Kota, Senin (24/11).
Ia mengatakan perbaikan pompa air sangat diiperlukan untuk mengalihkan air yang mengenangi pemukiman warga ke sungai atau waduk dan juga mengalirkan air dari waduk ke laut atau sungai ke sungai apabila debit air semakin meninggi.
Selain melakukan perbaikan, Dinas PU DKI juga mengirimkan 2 pompa mobile yang digunakan untuk menyedot air di kawasan yang rawan terkena banjir yaitu di Kebon Baru.
Ditambah lagi dengan upaya peninggian jalan di Bukit Duri dan Kebon baru karena jalan tersebut rusak akibat terendam air saat banjir.
“Kita atasi dengan cara peninggian jalan di situ. Kan kemarin yang terendam sisi utara. Selatan kering karena sudah ditinggikan. Nah, sisi utara akan ditinggikan menggunakan dana dari APBD Perubahan DKI tahun 2014,” ujarnya.

(Andy Abdul Hamid)