Jakarta, Aktual.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi), rencananya akan menghadiri pameran teknologi industri Hannover Messe 2021 yang dilaksanakan secara digital.

Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dalam keterangan pers di Kantor Presiden, Senin (5/4).

“Terkait Hannover Messe, dilaporkan bahwa tanggal 12 April akan ada pembukaan oleh Bapak Presiden bersama Kanselir Jerman. Dan dari Indonesia ada 156 perusahaan akan tampil,” kata Airlangga.

Hannover Messe adalah pameran teknologi industri terbesar di dunia, yang pada tahun 2021 akan dilaksanakan secara virtual seluruhnya, 12-16 April 2021 mendatang.

Format baru virtual tersebut menyesuaikan dengan kondisi pandemi COVID-19 yang masih terjadi.

“Diharapkan dengan Hannover Messe ini yang dibuka secara digital dan pamerannya fully digital, nah Indonesia diharapkan juga nanti pada 2023 akan menjadi official partner yang secara physical ataupun hybrid (campuran),” tambah Airlangga menjelaskan.

Berdasarkan hasil kurasi, terpilih sekitar 156 peserta pada pameran Hannover Messe 2021. Para peserta terdiri dari perusahaan yang berskala besar, menengah, kecil, startup, kawasan industri, asosiasi industri, BUMN, dan juga kementerian/lembaga.

Di ajang Hannover Messe 2021 Digital Edition ini, Pemerintah Indonesia akan mengusung tema “Making Indonesia 4.0” dan tagline “Coonect to Accelerate”.

Hal ini bertujuan untuk mendorong sinergitas yang ingin dibentuk untuk mendukung pertumbuhan industri 4.0 di Indonesia.

Dalam rangkaian Hannover Messe 2021, pemerintah juga telah menyiapkan beberapa kerjasama di bidang industri, baik dalam kerangka Government-to-Government (G to G) maupun business-to-business (B to B).

Hannover Messe 2021 Digital Edition akan menampilkan digitalisasi presentasi produk, beragam tema konferensi dan business matchmaking berbasis perangkat lunak sehingga secara langsung menjadi terobosan, inovasi dalam pameran teknologi solusi industri.(RRI)

(Warto'i)