Solo, Aktual.com – Aksi heroik yang dilakukan oleh anggota Detasemen Polisi Militer (Denpom) IV/4 Solo, Jawa Tengah, Kopral Kepala, Partika Subagyo Lelono mengundang perhatian para pengguna jalan yang melintas di Slamet Riyadi, Solo, Selasa (27/10).

Bertajuk “Hanoman Turun Gunung Galang Dana Bencana Asap”, lelaki yang akrab disapa Bagyo ini memakai kostum layaknya tokoh pewayangan Hanoman.

Aksi tersebut sengaja dilakukan sebagai bentuk keprihatinannya terhadap bencana kabut asap serta kebakaran hutan yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia, seperti Sumatera dan Kalimantan.

Dalam aksinya, Bagyo bersama dengan tiga rekannya melakukan penggalanan dana kepada para pengguna jalan yang melintas. Dana yang berhasil dikumpulkan tersebut akan disalurkan kepada para korban kabut asap melalui Palang Merah Indonesia (PMI).

“Ini adalah aksi peduli sosial kami kepada para korban kabut asap. Dana yang terkumpul ini akan kami salurkan secara langsung kepada para korban kabut asap melalui PMI,” jelas Bagyo kepada wartawan di Jalan Slamet Riyadi Solo.

Bagyo menjelaskan, alasan dirinya memilih tema tersebut karena sejak kebakaran hutan terjadi membuat satwa atau hewan yang hidup di hutan terganggu. Sehingga membuat satwa tersebut memilih turun gunung untuk mencari tempat yang aman.

“Kebakaran hutan dan kabut asap ini telah mengusik kehidupan mereka. Tak heran kalau banyak hewan yang turun untuk mencari lokasi aman,” ungkap Bagyo.

Reporter: Labib Zamzani

()