Saat petugas kesehatan Kota Banjarmasin vaksinasi salah satu siswa.(antara/Dinkes Kota Banjarmasin)

Banjarmasin, Aktual.com – Dinas Kesehatan Kalimantan Selatan melaporkan hanya ada tambahan satu kasus positif COVID-19 pada Senin sehingga total pasien yang dirawat menjadi 35 orang dari 13 kabupaten/kota.

Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel merilis data terakhir tambahan penularan COVID-19 pada Senin dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), dengan demikian jumlah total kasus COVID-19 sejak awal pandemi hingga kini sebanyak 84.245 kasus.

Dinkes Kalsel melaporkan hari ini tidak ada tambahan pasien sembuh dari COVID-19 hingga total kesembuhan selama pandemi ini masih di angka 81.677 orang.

Demikian juga tidak ada tambahan kasus meninggal dunia karena COVID-19 di Kalsel hari ini, hingga jumlah total masih seperti sebelumnya, sebanyak 2.533 orang atau 3,01 persen.

Anggota DPRD Kota Banjarmasin Zainal Hakim di Banjarmasin, Senin, menyatakan merasa bersyukur di provinsinya kini angka pasien COVID-19 makin menurun, bahkan persentasenya tinggal 0,04 persen yang masih dirawat.

Meski demikian, Kota Banjarmasin masih ada sebanyak 5 orang yang masih dirawat, hingga semua harus tetap waspada dan terus disiplin protokol kesehatan.

“Selama status pandemi masih belum dicabut tidak ada kata aman bagi kita dari COVID-19 hingga kini,” tuturnya.

Dari itu, politikus PKB ini meminta masyarakat yang belum vaksinasi agar segera melakukannya bahkan harus mengikuti arahan pemerintah hingga vaksinasi dosis ketiga atau booster.

“Kita harus makin memperluas kekebalan kelompok, ini terbukti bisa menurunkan angka penularan COVID-19,” ujarnya.

Data Dinkes Kota Banjarmasin, capaian  vaksinasi COVID-19 sudah 92,37 persen untuk dosis pertama, 74,13 persen untuk dosis kedua dan 17,76 persen untuk booster dari target 516 ribu sasaran.

(Antara)

(Dede Eka Nurdiansyah)