Jakarta, Aktual.co —Dua anak jalanan Oni (21) dan Asep (13), yang bisa mangkal di halte busway Gelora Bung Karno (GBK) meminta yang terbaik dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang hari Senin (20/10) dilantik.
Oni, yang biasa meminta-minta sambil mengamen berharap agar nasib anak jalanan seperti mereka lebih diperhatikan.
“Saya dulu pernah sekolah dan ingin sekolah lagi, pak presiden yang baru tolong saya,” katanya kepada Antara, Senin.
Menurut Oni, dirinya dan teman-temannya ingin dibangunkan rumah khusus anak jalanan yang bisa menampung dan memberikan jaminan kesejahteraan serta pendidikan.
“Saya pernah sekolah sampai kelas 2 SMA, ingin lanjut biar bisa kuliah tapi sudah tiga tahun ini cuma bisa wira wiri di jalanan,” katanya.
Dia menuturkan, setelah Jokowi dilantik, ada harapan agar pengelolaan rumah bagi anak jalanan dicek kembali. Pasalnya, banyak oknum memanfaatkan rumah-rumah jalanan ini untuk kepentingan pribadi.
“Selepas orang tua saya meninggal, sempat diurus oleh pemerintah tapi setelah beberapa bulan ya kami kembali ke jalanan karena dicuekin,” ujar Oni sambil merangkul Asep, anak laki-laki yang 8 tahun lebih muda daripadanya.
Hal senada juga diungkapkan Asep, teman jalan seperjuangan Oni. Dia mengatakan sengaja menunggu di sekitaran kawasan Gelora Bung Karno karena mendengar kabar bahwa Jokowi akan lewat.
“Pengen salaman sama pak Jokowi, siapa tahu diangkat jadi anak,” katanya sembari tersenyum di pinggiran jalan Senayan.
Baik Oni maupun Asep berharap pada kepemimpinan presiden yang baru ini akan memberikan angin segar bagi anggota masyarakat seperti mereka.
Sebelumnya direncanakan pada pukul 11.15 WIB Jokowi-JK meninggalkan Gedung DPR/MPR/DPD menuju Bundaran HI. Pukul 11.30 WIB Jokowi-JK tiba di Bundaran HI dan naik kereta kencana untuk diarak hingga Istana Merdeka. Lalu pada pukul 12.30 WIB tiba di istana negara disambut mantan Presiden SBY. Dilanjutkan dengan upacara penyambutan, tur singkat keliling istana, lalu pelepasan SBY keluar Istana.
Pukul 15.00 WIB Jokowi-JK ikut pesta rakyat di Monas yang dimeriahkan musik Slank. Pukul 17.00 WIB Jokowi-JK kembali masuk ke Istana. Kemudian pukul 19.00 WIB Jokowi-JK kembali ke Monas untuk melepas 7.000 lampion. Dan pukul 22.00 WIB acara selesai.

(Andy Abdul Hamid)