Semarang, Aktual.co — Jembatan Comal-Pemalang yang menghubungkan arah Jakarta-Sematang hari ini mulai resmi ditutup. Penutupan itu dilakukan karena ada perbaikan secara permanen, paska jembatan strategis di Jalur Pantura amblas pada pekan lalu.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) jalan dan jembatan Bina Marga wilayah Pemalang, Ya’foor Sulaiman, menyatakan penutupan itu karena masih ada perbaikan secara permanen.

“Kita resmi kerjakan yang di utara. Artinya, yang di utara mulai dikerjakan hari ini,” kata Ya’foor saat dihubungi aktual.co, dari Semarang, Selasa (21/10).

Sebelumnya, jembatan itu diperbaiki sementara waktu, mengingat arus mudik lebaran idul fitri 1435 H.

Ya’foor memastikan bakal ada kemacetan kendaraan dari ataupun menuju ke Semarang. Untuk itu, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Perhubungan dan petugas polisi untuk membuat rekayasa lalulintas. “Kita kerjasama dengan pihak kepolisian dan perhubungan, kewenangan ada pada mereka . Jadi rekayasa lalulintas itu teman-teman dari polisi dengan Dinas Perhubungan,” ujar Ya’foor.

Menurut Ya’foor, kemacetan tersebut wajar mengingat volume kendaraan yang tidak tertampung dengan luas jembatan Comal sisi selatan yang sudah bisa dilalui kendaraan jenis apapun. “Bayangkan dari empat jalur menjadi dua jalur ya pasti bakal ada kemacetan. Pasti akan ada sesuatu,” terang Ya’foor.

()