Tana Tidung, Aktual.com – Bupati Kabupaten Tana Tidung Ibrahim Ali meminta kepada jajaran di Pemerintah Kabupaten Tana Tidung untuk memaknai esensi sejarah kebangkitan bangsa. Hal ini disampaikan saat mepimpin Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-114 di halaman Pendopo Djaparudin Jumat (20/5/2022).

Memperingati Hari Kebangkitan Bangsa di selenggarakan menerapkan protokol kesehatan. Upacara Peringatan Harkitnas ini juga diikuti oleh seluruh pegawai PNS dan instansi terkait, “Peringatan hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya tidak hanya kita maknai sebagai seremonial saja.

Pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-114 tahun 2022 ini, kondisi penanganan pandemi Covid-19 sudah semakin membaik. Setelah situasi yang semakin membaik, maka saatnya untuk bangkit. Peringatan Harkitnas pada tahun ini menjadi sebuah titik balik untuk bangkit bersama sesuai dengan tagline Pemerintah Kabupaten Tana Tidung Provinsi Kalimantan Utara Bangkit.

Tema yang diusung pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114 tahun 2022 adalah “Ayo Bangkit Bersama”. Sebuah tema yang memiliki semangat bergotong royong melaksanakan pembangunan, untuk mempercepat pulihnya bangsa Indonesia dari pandemi Covid- 19.

Menurut Pedoman Penyelenggaraan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-114 yang diterbitkan oleh Kementerian Kominfo, tujuan dari penyelenggaraan peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-114 adalah untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan semangat gotong-rotong sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan, untuk mempercepat pulihnya bangsa dari pandemi Covid- 19 dalam “Ayo Bangkit Bersama”.

“Di tengah momentum penanganan nasional Covid-19 yang makin membaik dan presidensi G20 Indonesia, hendaknya kita dapat memaknai semangat pantang menyerah Dr. Sutomo untuk memperingati hari Kebangkitan Nasional tahun ini sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi Covid-19 juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia. Dari Indonesia, Dunia Pulih bersama,” harapnya.

“Tahun ini, kita memperingati hari kebangkitan Nasional yang ke -114, pada tahun ini, ‘Ayo Bangkit Bersama’ menjadi tema peringatan hari kebangkitan nasional sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari landemi Covid-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir,” pungkasnya.

(Suryan)

(A. Hilmi)