Jakarta, Aktual.co — PT. Transportasi Jakarta dan Unit Pengelolaan Transjakarta Busway serta 6 bank mitra Transjakarta menggelar program “10 Rupiah di 10 November”. Program tersebut merupakan program dalam rangka menyambut Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November.
Pada tanggal tersebut, seluruh penumpang Transjakarta hanya dikenakan biaya Rp10 per transaksi. Sebelumnya, harga normal untuk satu kali transaksi bus Transjakarta sekitar Rp3.500.
“Ya, khusus pada hari Senin 10 November 2014 yang merupakan Hari Pahlawan, Transjakarta akan meluncurkan logo barunya. Untuk menyambut wajah baru Transjakarta itulah maka pada hari itu digelar promosi “10 Rupiah di 10 November” yang dilakukan bersama oleh PT. Transportasi Jakarta dan Unit Pengelola Transjakarta Busway yang didukung oleh seluruh bank mitra Transjakarta,” ujar Direktur Utama PT. Jakarta, A.N.S Kosasih di Jakarta, Jumat (7/11).
Kosasih memberikan terima kasih kepada 6 bank mitra Transjakarta yaitu Bank DKI, Mandiri, BNI, BRI, BCA dan Bank Mega yang mendukung kegiatan tersebut.
“Kami berterimakasih kepada Bank DKI, Mandiri, BNI, BRI, BCA dan Bank Mega yang telah mendukung kegiatan ini. Besar harapan kami bahwa masyarakat akan memanfaatkan momen ini untuk memiliki kartu uang elektronik bank karena hari Senin mendatang ini mereka bisa menikmati naik bus Transjakarta ke manapun hanya 10 rupiah per transaksi,” ujar Kosasih.
Kosasih juga mengatakan bahwa setelah diterapkan sistem e-ticketing di koridor 8 dan 9 pada tangga 1 November lalu, hampir 200 ribu penumpang atau sekitar 61% dari seluruh penumpang Transjakarta sudah menggunakan e-ticket berupa uang elektronik bank.
Sementara itu, Kepala Unit Pengelola Transjakarta Busway Pargaulan Butarbutar mengatakan dirinya optimis akan pelayanan Transjakarta yang akan membaik karena dalam waktu dekat akan didatangkan 59 bus gandeng yang akan dioperasikan Desember mendatang.
“Pada bulan November ini saja akan hadir 59 bus gandeng Ankai yang diperkirakan sudah bisa dioperasikan pada bulan Desember ini. Meskipun semula bus-bus ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan di Koridor 1, kehadiran bus-bus baru ini akan memberikan keleluasaan kepada kami untuk merealokasikan bus-bus kami yang lainnya, terutama yang swakelola, ke koridor lain yang sudah sangat membutuhkannya,” ujarnya.
Rencananya, peresmian logo baru Transjakarta akan dilakukan pada hari Senin (10/11) mendatang, sekaligus akan diserahkan hadiah berupa uang tunai sebesar Rp 50 juta kepada pemenang sayembara desain logo Transjakarta.

(Andy Abdul Hamid)