Jakarta, Aktual.co — Nama Managing Director (Direktur Pelaksana) Bank Dunia Sri Mulyani Indrawati belakangan mencuat dalam seleksi calon menteri ekonomi kabinet pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Bahkan nama mantan Menteri Keuangan Kabinet Indonesia Bersatu II periode 2009-2010 itu santer akan diplot menjadi Menteri Koordinator Perekonomian.

Sementara itu, Indonesia Democracy Monitor (Indemo) menilai bahwa wacana tersebut hanyalah sekedar isu semata dan tidak benar adanya.

“Saya kira tidaklah, itu hanya basa basi. Saya kira tidak benar jika Sri Mulyani diplot sebagai Menko Perekonomian,” kata Ketua Indemo Hariman Siregar di kantornya, Rabu (15/10).

Lebih lanjut, dalam kesempatan yang sama, Pengamat Ekonomi Energi Indonesia for Global Justice Salamuddin Daeng juga mengutarakan bahwa tidak mungkin mantan Menteri Keuangan RI itu berani kembali ke Indonesia.

Dikatakannya, bahwa tidak mungkin seorang Sri Mulyani berani kembali menduduki posisi sebagai menteri di Indonesia mengingat namanya masih sering disebut-sebut dalam kasus Bank Century.

“Kalau Sri Mulyani kembali, saya yakin 100 persen akan ‘dikurung’ oleh Koalisi Merah Putih dalam kasus Century,” ucap Salamuddin.

()

(Eka)