Jakarta, Aktual.co —Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat dan seluruh pimpinan cabang di kedua provinsi itu sepakat mengusung Hasyim Muzadi menjadi kandidat Rais Aam Pengurus Besar NU 2015-2020.
Ketua Panitia Sarasehan Alim Ulama Syamsuddin M Pay mengatakan pengusungan Hasyim merupakan satu dari tiga rekomendasi dari sarasehan alim ulama dan cendekiawan menuju satu abad NU, di Palu, Jumat – Sabtu (17-18/10) lalu.
Rekomendasi ditandatangani masing-masing pimpinan wilayah dan 20 pimpinan cabang se-Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat pada Sarasehan Alim Ulama.
Banyak alasan dikemukakan pimpinan cabang sehingga Hasyim diminta bersedia menjadi pemimpin tertinggi NU. Antara lain Hasyim selama ini dianggap konsisten membangun NU, bahkan saat dia tak lagi menjabat Ketua Umum PB NU.
Sebelumnya Hasyim memimpin NU selama dua periode pasca Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Saat ini Hasyim menjabat Wakil Rois Aam PB NU.
Disampaikan Ketua Rois Syurya PW NU Sulawesi Tengah KH. Husen Habibu, Hasyim dinilai sangat konsisten dalam membangun NU dan Indonesia.
Husen mengatakan Hasyim Muzadi merupakan tokoh NU yang belakangan gencar melakukan konsolidasi dalam rangka penguatan organisasi agar NU tetap konsisten dalam membangun bangsa di tengah gencarnya berbagai ancaman yang melingkupi NU maupun bangsa saat ini.
Selain itu PW NU Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat juga merekomendasikan pelaksanaan Mukhtamar NU sesuai jadwal yakni Maret 2015.
Sementara itu terkait mekanisme pemilihan, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat menolak pemilihan Ketua Umum PB NU melalui formatur yang selama ini kencang diwacanakan akan diberlakukan pada Mukhtamar 2015.

()

()