Makanan Berlemak Jenuh/Antara
Makanan Berlemak Jenuh/Antara

Jakarta, Aktual.com – Makanan adalah salah satu pemicu munculnya kanker kelenjar getah bening. Kanker ini bisa menyerang siapa saja tanpa memandang usia, baik muda maupun tua.

Umumnya, kelenjar getah bening muncul pada beberapa lokasi yaitu leher, belakang telinga, dagu, pangkal paha, ketiak, serta bagian belakang kepala.

Oleh karena itu, konsumsi makanan harus diperhatikan. Dilansir dari JPNN, erikut ini beberapa jenis makanan yang perlu dihindari.

1. Makanan dengan Kadar Gula Tinggi

Pemicu kelenjar getah bening yang perlu dihindari adalah makanan dengan kadar gula tinggi. Jika asupan gula terlalu tinggi, bisa menimbulkan reaksi peradangan.

Tubuh juga mudah terserang infeksi virus dan bakteri.

2. Gorengan

Gorengan juga salah satu penyebab kelenjar getah bening. Alasan mengapa gorengan bisa memicu kelenjar getah bening adalah makanan ini kaya akan lemak jenuh.

Lemak jenuh juga berakibat meningkatkan peradangan atau inflamasi. Solusi untuk terhindar dari tingginya lemak jenuh adalah menggunakan minyak sayur.

3. Makanan Tidak Higienis

Hindari makanan kurang bersih atau tidak higienis untuk mencegah tumbuhnya kelenjar getah bening.

Biasanya, makanan kurang bersih sudah terkontaminasi bakteri, jamur, virus, dan kuman sehingga memicu kelenjar getah bening serta komplikasi penyakit lain.

4. Makanan Kurang Matang

Jenis makanan lain pemicu kelenjar getah bening adalah makanan yang kurang matang. Makanan kurang matang rentan terkontaminasi oleh bakteri, virus, dan kuman berbahaya.

Makanan perlu dipastikan benar-benar matang sebelum dikonsumsi.

(Shavna Dewati Setiawan | JPNN)

(Aktual Academy)