Jakarta, Aktual.co — Bagi anda yang ingin mendaki Gunung Guntur, hendaknya lebih berhati-hati. Sebab, di gunung ini rawan kemalingan. Pada saat Aktual.co mendaki beberapa waktu lalu, terdapat sejumlah pendaki yang mengalami kehilangan barang bawaan-nya, antara lain seprti kompor lapangan, kamera, serta telepon genggam.
Tati Karwati, pengelola perizinan di Gunung Guntur, Garut sendiri mengaku, gunung ini rawan kemalingan. Bahkan, suatu waktu, ada pula pendaki yang kehilangan uang sebesar Rp5 Juta di gunung ini. Dan pihaknya juga sudah melaporkan hal-hal ini ke kepolisian. Namun, polisi sulit mengungkap tindak kriminal ini karena belum memiliki barang bukti.
Ia juga mengatakan, ke depan akan lebih aktif dilakukan tindakan pencegahan. Kalau sekarang hanya mengingatkan secara lisan ke pendaki, ke depan akan dibuat organisasi resmi untuk mengelola pendakian.
Diharapkan, dengan pengelolahan yang resmi, akan ada polisi hutan yang akan membuat para pelaku pencurian takut beroperasi.
Sementara itu, Ihsan salah seorang pendaki yang berasal dari Pondok Indah, Jakarta Selatan, juga mengatakan, memang banyak maling di gunung ini. Oleh karena itu dia menyarankan pada para pendaki agar berhati-hati dengan barang bawaan-nya. 

(Warnoto)