Jakarta, Aktual.com – Daun salam sering digunakan sebagai salah satu bahan masakan untuk memperkuat aroma dan rasa. Selain itu, daun salam memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh.

Kandungan dalam daun salam yaitu minyak atsiri, etanol, metanol, tanin, flavonoid, metil kavikol, vitamin A, B6, B9 dan C, kalsium, zat besi dan mangan.

Daun herbal lainnya yang jarang digunakan tetapi memiliki khasiat yang baik untuk tubuh adalah daun sirsak. Jika daun salam dan daun sirsak direbus secara bersamaan, maka khasiatnya akan sangat efektif.

Berikut ini beberapa manfaat dari air rebusan daun salam dan daun sirsak dikutip dari JPNN.

1. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat dari air rebusan daun salam dan daun sirsak adalah mampu menurunkan dan menstabilkan darah.

Cara untuk menurunkan tekanan darah adalah dengan merebus 5 lembar daun sirsak dengan 3 gelas air sampai mendidih. Kemudian, saring air dan campur madu secukupnya. Disarankan untuk minum 2 kali sehari dengan 1 gelas tiap kali minum.

2. Meredakan Nyeri dan Rasa Sakit

Air rebusan ini juga bisa meredakan penyakit nyeri seperti sakit punggung, radang sendi, rematik dan peradangan lainnya. Selain meredakan rasa nyeri, juga bisa digunakan untuk menghilangkan rasa sakit kepala dan migrain.

Takarannya sama dengan nomor satu.

3. Mencegah Diabetes

Manfaat lainnya adalah bisa untuk mencegah dan mengobati diabetes.

Daun sirsak bagus untuk menjaga kestabilan kadar gula darah antara 70 mg hingga 120 mg sehingga bisa mengurangi kadar gula darah untuk diabetes sekaligus bisa mengatasi obesitas.

Di sisi lain, daun salam terbukti ampuh mengobati diabetes tipe 2 sebab mampu menurunkan kadar glukosa dalam darah, kolestrol, dan trigliserida.

Agar mencapai hasil maksimal, air rebusan ini harus dikonsumsi selama sebulan secara teratur dengan resep sama seperti sebelumnya.

4. Menyembuhkan Asam Urat

Penelitian menyebutkan bahwa daun sirsak ampuh dikonsumsi untuk menyembuhkan asam urat. Selain itu, daun salam bisa menurunkan kadar purin penyebab asam urat dalam waktu cepat.

Ramuannya adalah merebus 5 lembar daun salam dan 5 lembar daun sirsak dengan 10 gelas air hingga mendidih. Minum 2 kali sehari untuk hasil yang signifikan.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Di dalam air rebusan daun salam dan daun sirsak, terkandung antioksidan yang ampuh menangkal radikal bebas pemicu permasalahan kulit.

Masalah kulit lainnya yang bisa diatasi yaitu mencegah keriput, mengangkat sel sel kulit mati, garis halus, menurunkan stres kulit dan juga mengatasi pigmentasi kulit.

Cara untuk menggunakan daun ini sebagai perawatan kulit adalah merebus kedua daun ini dan gunakan uapnya selama beberapa menit secara rutin.

6. Mencegah Kanker

Masyarakat Asia Tenggara di jaman dahulu menggunakan daun sirsak sebagai solusi untuk kanker seperti kanker paru-paru, kanker payudara, kanker usus besar dan juga kanker prostat.

Senyawa aktif dalam kandungan ini ampuh untuk melawan sel kanker. Pada daun salam mengandung kombinasi antioksidan dan senyawa organik seperti linaool, katekin, fitonutrien dan parthenolide untuk melawan radikal bebas yang berbahaya.

Jika dua jenis daun ini dikombinasikan, maka pencegahan kanker semakin efektif.

(Shavna Dewati Setiawan | JPNN)

(Aktual Academy)