Jakarta, Aktual.com – Diabetes adalah penyakit umum yang sering menyerang dan dapat mengancam seseorang. Penyakit ini terjadi akibat meningkatnya kadar gula darah seseorang dalam tubuhnya.

Ada beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan terjadinya diabetes. Berikut ini 3 kebiasaan yang perlu dihindari agar tidak terjangkit diabetes dikutip dari JPNN.

1. Mengonsumsi Makanan Tinggi Gula

Makanan manis disukai banyak orang dan sulit untuk mencegah tidak mengonsumsi makanan manis. Namun, konsumsi makanan manis perlu diawasi.

Saat mengonsumsi makanan manis dan tinggi gula, ini meningkatkan risiko terkena diabetes melitus. Selain itu, mengonsumsi makanan tinggi gula berdampak pada masalah kesehatan lainnya seperti kenaikan berat badan dan berujung obesitas.

Pola makan tinggi gula sudah dibuktikan di banyak penelitian umumnya bisa menyebabkan obesitas hingga diabetes.

2. Konsumsi Kadar Garam Berlebih

Selain makanan manis dan tinggi gula, konsumsi makanan tinggi garam juga bisa memicu diabetes melitus.

Jika mengonsumsi makanan dengan garam berlebih, bisa menyebabkan obesitas dan tekanan darah tinggi (hipertensi).

Orang yang mengalami obesitas dan hipertensi, potensi risiko terkena penyakit kronis seperti diabetes melitus semakin tinggi.

3. Tidak Berolahraga

Teknologi semakin canggih dan menyebabkan seseorang semakin malas bergerak. Akan tetapi, saat jarang melakukan aktivitas fisik akan berdampak terhadap kesehatan tubuh.

Saat tubuh jarang bergerak, risiko mengalami resistansi insulin semakin tinggi.

Resistansi insulin ini merupakan penyebab umum diabetes melitus tipe 2.

(Shavna Dewati Setiawan | JPNN)

(Aktual Academy)