Jakarta, Aktual.co —Puluhan pengedara sepeda motor menggunakan trotoar untuk menghindari macet yang terjadi di sepanjang Jalan Merdeka Selatan DKI Jakarta, Senin.
Kemacetan lalu lintas terjadi mulai pukul 06.30-09.00 WIB, yang salah satunya disebabkan banyak mobil pribadi dan mobil dinas parkir di tepi Jalan Merdeka Selatan.
“Kalau tidak begini (gunakan trotoar) kami bisa telat masuk kantor,” kata salah seorang pengendara sepeda motor, Rio sambil berlalu.
Rio cukup lambat mengendarai sepeda motornya dibanding puluhan pengendara sepeda motor lainnya.
Pengendara sepeda motor yang lalu lalang di trotoar membuat pejalan kaki terganggu.
Para pejalan kaki yang turun dari angkutan umum di kawasan itu terpaksa mengalah. Mereka jalan di pinggir trotoar, memberi kesempatan kepada pengendara motor melintasi trotoar.
Sedangkan beberapa anggota kepolisia dari Satuan Lalu Lintas membiarkan para pengendara sepeda motor itu melintasi trotoar.
“Kami terganggu. Selain menghambat perjalanan kami, kendaraan roda dua yang dikendarai dengan laju itu membahayakan kami. Kami pula yang dipaksa pinggir,” ujar Inggrit, salah seorang pejalan kaki.
Kemacetan lalu lintas pada pagi itu terjadi hingga di Jalan Sabang dan Kebon Sirih. Hal itu disebabkan truk milik TNI di parkir secara berlapis di Jalan Sabang.
Kemacetan lalu lintas dapat ditanggulangi sekitar pukul 09.15 WIB setelah tidak ada lagi kendaraan yang di parkir di badan jalan.
Lalu lintas kendaraan di jalan raya lebih ramai pada pagi itu lantaran hari ini Jokowi-Jusuf Kalla dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI ke-7.

(Andy Abdul Hamid)