Ilustrasi Pemain Hongkong dan Vietnam
Ilustrasi Pemain Hongkong dan Vietnam

Jakarta, Aktual.com – Hong Kong dipastikan menjadi juru kunci Grup F babak kualifikasi Piala Asia U-20 2023 seusai menelan kekalahan 1-2 melawan Timor Leste dalam pertandingan terakhir kedua tim di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (18/9).

Sempat memimpin melalui gol Sohgo Ichikawa pada menit ke-10, Hong Kong gagal menjaga keunggulan dan harus menelan kekalahan ketiga dalam tiga pertandingan setelah gawang mereka dibobol oleh Juvito Moniz pada menit ke-52 dan Ejivanio da Costa delapan menit berselang.

Hong Kong yang melewatkan fase kualifikasi tanpa satu poin pun menjadi juru kunci Grup F, sedangkan Timor Leste finis satu strip di atasnya dengan raihan tiga poin.

“Meski gagal lolos ke putaran selanjutnya, tapi saya sangat senang dengan kemenangan ini,” ujar pelatih Timor Leste Gopal Krishnan kepada wartawan usai pertandingan.

Timor Leste sudah membuka peluang lewat Da Costa saat laga belum genap berusia dua menit, tapi tendangan volinya masih tinggi di atas mistar gawang yang sudah melompong.

Delapan menit berselang, serangan Hong Kong membuahkan hasil saat Ichikawa yang berdiri bebas mencocor bola di dalam mulut gawang memanfaatkan bola muntah tendangan Matthew Slattery.

Tertinggal satu gol, serangan demi serangan Timor Leste ke pertahanan Hong Kong terus dilakukan. Namun, kurang tenangnya barisan depan Timor Leste dan disiplinnya lini belakang Hong Kong membuat skor tidak berubah hingga turun minum.

Setelah jeda, Timor Leste tak mengendorkan serangan. Gol penyama kedudukan akhirnya terjadi tujuh menit usai turun minum oleh Moniz, yang memenangi duel udara untuk menanduk bola sepak pojok ke dalam gawang Hong Kong.

Berselang delapan menit kemudian, kembali serangan Timor Leste membuahkan hasil. Kali ini giliran Da Costa yang sukses menceploskan bola melalui tendangan kaki kanannya dari dalam kotak penalti.

Tertinggal satu gol, Hong Kong mencoba keluar dari tekanan dan melakukan sejumlah rotasi. Tapi, serangan-serangannya selalu gagal. Begitu juga upaya Timor Leste yang ingin memperbesar kedudukan, selalu mental di barisan pertahanan lawan.

Hingga wasit Jansen Foo asal Singapura meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir, skor 2-1 untuk kemenangan Timor Leste tidak berubah.

Pelatih Hong Kong Cheung Kin Fung usai pertadingan mengakui para pemain sudah tampil maksimal di paruh awal pertandingan, tapi tempo permainan diambil alih oleh Timor Leste pada babak kedua.

“Karena itu kami sulit mengembangkan permainan dan menyamakan kedudukan,” tutur dia.

Apapun hasilnya pada pertandingan tersebut tak membuat kedua tim lolos ke babak berikutnya. Peluang ke putaran final Piala Asia U-20 yang digelar di Uzbekistan tahun 2023 hanya dimiliki Indonesia dan Vietnam yang malam ini akan saling berhadapan.

Pemenangnya otomatis akan lolos, sedangkan yang kalah harus menunggu perhitungan lima peringkat kedua terbaik dari 10 grup.

(Arie Saputra)