Ilustrasi

Gowa, aktual.com – Hujan deras yang terjadi di sebagian wilayah Sulawesi Selatan khususnya di Kabupaten Gowa menyebabkan terjadinya banjir di Kecamatan Bontomarannu.

Salah seorang warga Bontomarannu, Samsul yang ditemui di Gowa, Jumat, mengatakan banjir yang terjadi di Kecamatan Bontomarannu ini akibat cuaca buruk selama dua hari ini.

“Sejak tadi pagi ini banjir, pas hujan deras. Air sungai juga meluap, sehingga terjadi banjir,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan air hujan yang menggenangi rumah-rumah warga bahkan jalan poros Makassar-Malino itu sudah setinggi 40-an centimeter.

Bahkan beberapa pengendara roda dua yang melintas harus mendorong sepeda motornya setelah air masuk ke bagian mesin dan mengakibatkan mogok.

“Sudah banyak tadi sepeda motor yang mogok saat akan melewati banjir. Umumnya itu motor bebek yang mogok,” katanya.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar memprediksi jika cuaca di sebagian wilayah Sulawesi Selatan masih agak buruk hingga dua hari ke depan.

“Hujan masih akan turun dengan intensitas sedang dan lebat selama dua hingga tiga hari ini,” ujar Prakirawan BMKG Wilayah IV Sulsel Esti Kristantri.

Beberapa wilayah di Sulsel yang hujannya diprediksi hingga tiga hari mendatang yakni Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Maros, Pangkajene Kepulauan (Pangkep) dan Kabupaten Belopa.

(Eko Priyanto)