Anggota DPR RI Dapil Jatim VII, Edhie Baskoro Yudhoyono disambut warga saat mengawal Program Pembangunan Infrastruktur Sosial dan Ekonomi Wilayah (PISEW) berupa pembangunan jalan yang menghubungkan beberapa wilayah di Kabupaten Pacitan. AKTUAL/IST

Pacitan, aktual.com – Kondisi hujan yang sedang mengguyur Desa Belah, Kabupaten Pacitan, tak mematahkan semangat Edhie Baskoro Yudhoyono, Anggota DPR RI Dapil Jatim VII untuk bertemu langsung dengan masyarakat di dapilnya. Dalam resesnya, Ibas mengawal Program Pembangunan Infrastruktur Sosial dan Ekonomi Wilayah (PISEW) berupa pembangunan jalan yang menghubungkan beberapa wilayah di Kabupaten Pacitan (5/3/2022).

EBY, menyerap aspirasi dan mengawal program tersebut di lima wilayah, yaitu jalan yang menghubungkan Desa Purworejo dengan Desa Mentoro, Ploso dengan Kebonsari, Kalikuning dengan Gasang, Hadiwarno dengan Hadiluwih, dan Desa Belah dengan Desa Cemeng.

Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI ini bermaksud kembali menggalakkan pembangunan yang berpihak pada rakyat. Untuk Ibas, pembangunan infrastruktur yang merata berkelanjutan dan sesuai prioritas merupakan hal penting demi kesejahteraan masyarakat.

“Alhamdulillah, kita telah memiliki Infrastruktur yang besar sehingga Keberlanjutan program harus terus diikhtiarkan, tidak dengan sendirinya akan terbangun. Kita patut bangga saat ini Pacitan sudah memiliki jalan besar yang bagus, seperti Jalan Lintas Selatan (JLS), PLTU, dan Waduk. Namun tidak hanya itu saja, sekarang kita juga harus berfikir bagaimana dengan jalan-jalan lintas dalam yang ada di pedesaan,” terang Ibas.

Ibas berharap, kawalannya ini dapat memberikan banyak manfaat. “PISEW ini berguna untuk pengembangan wilayah, baik dari sisi transportasi, menghemat waktu perjalanan, serta juga untuk peningkatan jalur perekonomian dan perdagangan hasil tani. Mudah-mudahan juga adik-adik yang sekolah menjadi lebih mudah akses keluar-masuknya,” tambah Ibas.

Ibas juga menyempatkan waktunya untuk terjun langsung melakukan beberapa aktivitas dengan para warga di Desa Belah. Menanam pohon bersama dan berjalan-jalan mengelilingi desa sembari menyapa warga sekitar. Momen ini ia manfaatkan untuk berbincang dan mendengar aspirasi maupun keluh-kesah dari para warga.

Kepala Desa Belah, Sucipto mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Ibas karena telah mengawal program PISEW. “Saya mewakili masyarakat, mengucapkan banyak terima kasih kepada Mas Ibas, sehingga ada pembangunan di desa kami. Ini besar sekali manfaatnya, karena pada saat sebelum terbangun, kondisinya sangat memprihatinkan.”

“Sejak dulu kami sudah mengajukan proposal pembangunan, tetapi bantuan tidak kunjung turun. Namun dengan dikawalnya program ini oleh Mas Ibas, Alhamdulillah sekarang pembangunannya bisa berjalan. Mugi-mugi dengan doa dan semangat seluruh masyarakat Desa Belah, kami semua siap untuk tumandang nyawiji,” tambah Sucipto.

Bupati Pacitan, Indarta Nur Bayuaji pun turut mengungkapkan rasa syukurnya “Program PISEW ini jadi rebutan se-Indonesia, banyak wilayah yang mau. Makanya, alhamdulillah Mas Ibas berkenan mengawalnya, istilahne sak meniko jalane jadi mulus terbangun Sat Set, Wat Wet,” ungkap Aji.

(Tino Oktaviano)