Ilustrasi - Cuaca hujan. (ANTARA)

Jakarta, aktual.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan berintensitas ringan hingga lebat yang disertai petir melanda sejumlah kota besar di Indonesia, Minggu (2/10).

Dilansir dari laman www.bmkg.go.id, di Jakarta, Minggu, hujan berintensitas ringan akan mengguyur beberapa wilayah Sumatera, di antaranya Palembang, Pekanbaru, Pangkal Pinang, dan Tanjung Pinang.

Sedangkan hujan berintensitas sedang akan melanda wilayah Lampung dan Medan. Sementara wilayah Bengkulu, Padang dan Jambi diprakirakan diguyur hujan berintensitas lebat yang disertai petir.

Cuaca di Pulau Jawa diprakirakan diguyur hujan, seperti Jakarta, Bandung dan Yogyakarta. Ketiga wilayah tersebut, diprakirakan dilanda hujan lebat disertai petir. Sedangkan wilayah Semarang dan Surabaya akan diguyur hujan ringan.

Beralih ke Kalimantan, masyarakat Pontianak diminta waspada terhadap potensi hujan lebat disertai petir pada siang hari. Sementara wilayah Banjarmasin dan Tarakan diramalkan hujan ringan.

Sebagian besar wilayah Bali hingga Nusa Tenggara diperkirakan berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat, seperti di Denpasar, Mataram dan Kupang.

Sejumlah kota besar di Sulawesi, seperti Gorontalo, Mamuju, Makassar, dan Manado diperkirakan diguyur hujan dengan intensitas sedang.

Adapun situasi cuaca di ujung timur Indonesia, seperti wilayah Ternate, Ambon, dan Manokwari diperkirakan hujan dengan intensitas ringan dan sedang.

Suhu udara di kota-kota besar di Indonesia secara umum berada pada temperatur antara 18 hingga 33 derajat Celsius, dengan kelembaban udara antara 50 hingga 100 persen.

(Antara)

(Rizky Zulkarnain)