Jakarta, Aktual.com – Human Resource atau HR merupakan mereka yang memiliki tugas untuk mengatur karyawan pada sebuah perusahaan atau tempat kerja. Untuk dapat menjalankan tugasnya dengan baik seorang Human Resource harus memahami basic HR Management atau yang disingkat HRM. Berikut adalah beberapa penjelasan mengenai HRM di Indonesia. 

Tugas Dari Human Resource

Sebelum membahas mengenai apa itu Human Resource Management di Indonesia atau yang sering disingkat dengan sebutan HRM Indonesia, pertama-tama mari kita mengenal terlebih dahulu beberapa tugas dari seorang Human Resource. Berikut adalah beberapa tugas dari seorang Human Resource atau yang sering dikenal dengan sebutan HR.

1. Perekrutan dan Penempatan Karyawan Baru

Salah satu tugas dari HR adalah merekrut karyawan baru dan menetapkan tempat kerja pada karyawan baru tersebut. Selama masa perekrutan calon karyawan tersebut seorang HR akan menyeleksi semua aspek pada calon karyawan perusahaan sampai mendapatkan seorang karyawan yang benar-benar cocok.

2. Memberi Pelatihan Kepada Karyawan

Tugas berikutnya adalah melakukan pelatihan atau pengajaran kepada karyawan perusahaan. Baik itu karyawan baru maupun karyawan lama dalam menghadapi pembaharuan kebijakan oleh perusahaan atau tempat kerja.

3. Menciptakan Ruang Kerja yang Harmonis

Tugas berikutnya dari seorang HR adalah memastikan tidak ada karyawan yang saling bermasalah atau menciptakan ruang kerja yang harmonis antara setiap karyawan. Ini agar hasil dari pekerjaan setiap karyawan bisa maksimal.

4. Memastikan Keselamatan Setiap Karyawan

Tugas berikutnya seorang HR adalah memastikan keselamatan setiap karyawannya baik saat bekerja di kantor atau sedang turun lapangan selama jam kerja. Hal ini karena seorang HR harus bertanggung jawab penuh atas semua yang terjadi pada karyawannya.

5. Menghitung Gaji dan Tunjangan Setiap Karyawan

Tugas terakhir dari seorang HR adalah menghitung gaji serta tunjangan bagi seorang karyawan. Setiap karyawan memiliki pekerjaan yang berbeda-beda, jadi HR harus pintar-pintar dalam memberi penilaian. 

Apa Itu Human Resource Management atau HRM Indonesia

lanjut halaman berikutnya…

1
2
3
4