Indikator yang Ada Didalam Sebuah Human Resource Management atau HRM

Setelah mengetahui manfaat dari Human Resource Management selanjutnya mari kita bahas beberapa indikator yang ada di dalam sebuah HRM. Langsung saja berikut adalah beberapa indikator tersebut.

1. Job Analysis

Indikator pertama yang harus ada di dalam sebuah Human Resource Management adalah job analysis. Job analysis dianggap sangat penting karena tugasnya adalah untuk meneliti keperluan yang dibutuhkan di dalam sebuah perusahaan atau tempat kerja yang berhubungan dengan sumber daya manusia atau karyawan.

Dimana job analysis akan benar-benar melakukan reset ke beberapa bidang atau sektor untuk mendapatkan apa yang diperlukan oleh bidang-bidang tersebut. Jika sudah didapatkan maka job analysis akan menentukan berapa jumlah karyawan yang dibutuhkan agar bisa mengisi kekurangan tersebut.

2. Human Resource Planning

Berikutnya adalah sebuah proses untuk mencocokkan kebutuhan sebuah perusahaan dengan posisi pekerjaan yang kosong. Selain itu waktu yang diperlukan berapa lama serta berapa jumlah kebutuhan sumber daya manusia yang dibutuhkan. Gampangnya pada tahap ini perusahaan akan melakukan diskusi untuk menerima calon karyawan yang seperti apa.

3. Recruitment

Indikator selanjutnya dari Human Resource Management atau HRM Indonesia adalah rekruitmen atau proses penerimaan. Recruitment sendiri adalah sebuah proses penyeleksian karyawan baru yang dilakukan oleh sebuah perusahaan atau tempat kerja dengan beberapa aspek yang sudah disepakati pada indikator sebelumnya yaitu Human Resource Planning.

4. Selection

Indikator yang terakhir adalah selection atau penyeleksian karyawan baru. Biasanya akan dilakukan seleksi besar-besaran untuk mendapatkan beberapa orang yang dianggap cocok oleh pihak perusahaan. Wajar saja jika orang-orang yang terpilih memiliki kualitas yang tepat karena sudah dilakukan penyeleksian dalam beberapa aspek.

Nah, itu dia beberapa penjelasan seputar Human Resource (HR) dan Human Resource Management atau yang sering dikenal dengan istilah HRM Indonesia. Untuk lebih mengetahui seputar Human Resource Management anda bisa menggunakan Talenta by Mekari dari smartphone ataupun komputer anda.

1
2
3
4