Jakarta, aktual.com – Duta Besar RI untuk Kazakhstan dan Tajikistan Fadjroel Rachman dalam acara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI mengajak WNI di Kazakhstan untuk bertindak hati-hati mengelola pandemi.

“Kalau kita mampu mengelola pandemi dengan baik, berarti kita juga pasti mampu mengelola agenda-agenda besar lainnya dengan baik. Inilah kekuatan pertama kita untuk membangun Indonesia,” kata Dubes Fadjroel dalam pesannya yang diterima di Jakarta pada Jumat (19/8).

KBRI Nur-Sultan melaksanakan upacara HUT ke-77 Republik Indonesia bersama WNI yang menetap di Kazakhstan pada Rabu (17/8).

Dalam pidatonya Dubes Fadjroel Rachman menyampaikan arahan Presiden Joko Widodo kepada seluruh WNI yang hadir dalam upacara di KBRI Nur-Sultan.

Dia menekankan pentingnya bagi pemerintah dan rakyat Indonesia untuk bersama mengelola sumber daya alam yang melimpah.

Dia juga menyoroti pentingnya untuk mengelola bonus demografi Indonesia dan kepercayaan internasional yang meningkat kepada Indonesia.

Pada kesempatan itu, Dubes Fadjroel juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh WNI di Kazakhstan dan Tajikistan yang selalu berkolaborasi bersama KBRI Nur-Sultan.

“Terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh warga negara Indonesia di Kazakhstan dan Tajikistan yang selalu mendukung dan bekerja sama dengan KBRI Nur-Sultan. Kita semua adalah keluarga besar Republik Indonesia,” ujarnya.

Acara peringatan HUT RI yang berlangsung di halaman KBRI Nur-Sultan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan lomba, seperti lomba karaoke, balap karung, joget kursi dan lainnya.

Acara itu juga dihadiri beberapa media Kazakhstan, sejumlah perwakilan negara ASEAN yang ada di Kazakhstan, perwakilan dari Kementerian Luar Negeri Kazakhstan, Konsul Kehormatan RI di Almaty dan Friends of Indonesia di Kazakhstan.

(Antara)

(Rizky Zulkarnain)