Jakarta, Aktual.com — Timor Leste menjadi sebuah negara kecil di sebelah utara Australia dan bagian timur pulau Timor. Di wilayah negara ini meliputi pulau Kambing atau Atauro, Jaco, dan enklave Oecussi-Ambeno di Timor Barat.

Timor Leste dahulu merupakan salah satu provinsi di Indonesia, Timor Leste secara resmi merdeka pada tanggal 20 Mei 2002. Saat itu, provinsi ke-27 tersebut bernama Timor Timur. Ketika menjadi anggota PBB, mereka memutuskan untuk memakai nama Portugis “Timor Leste” sebagai nama resmi negara merdeka mereka.

Tak jauh berada dengan negara Indonesia, Muslim di Timor Leste juga merayakan Hari Raya Idul Fitri. Di Timor Leste, ada satu perkampungan di Alor Kota Dili. dimana kampung tersebut mayoritas adalah penduduk asal Indonesia. mereka telah beranak-pinak di kampung tersebut.

Di kampung Alor, terdapat sebuah Masjid bernama “An-Nuur”. Masyarakat Muslim Di Timor Leste merayakan berbagai kegiatan Islam di Masjid tersebut. Ketika Hari Lebaran tiba, seluruh jemaah langsung memadati Masjid tersebut.

Momen silahturahmi bertemu dan saling sapa antar sesama Muslim tanah air dapat dilakukan disana. Bahkan mereka menjadi saling tukar cerita dan berbagi pengalaman di Negara tersebut.

Harapan warga kampung Alor selalu sama setiap tahunnya, yaitu memohon kesejahteraan lebih baik dan tentunya berharap negara Indonesia-Timor Leste bisa bekerja sama dengan baik.

()

()