Seorang pengunjung melihat pergeakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)
Seorang pengunjung melihat pergeakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)

Jakarta, Aktual.com – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada sesi perdagangan Jumat (29/7) hari ini, bahkan menyentuh level 7.000.

Melansir data RTI, IHSG dibuka menguat pada sesi perdagangan hari ini, pada level 6.998,25. IHSG terus bergerak di zona hijau pada 20 menit pertama perdagangan hari ini, bahkan sempat menyentuh 7.032,35.

Adapun sampai dengan pukul 09.20 WIB IHSG berada pada level 7.026,70 atau menguat 1 persen dibandingkan dengan penutupan sebelumnya.

Sebanyak 294 saham melaju di zona hijau dan 151 saham di zona merah. Sedangkan 173 saham lainnya stagnan. Adapun nilai transaksi hingga saat ini mencapai Rp 2,6 triliun dengan volume 5 miliar saham.

Sementara itu, bursa Asia lain terpantau bergerak variatif atau mixed, di mana Nikkei mencatatkan penguatan 0,44 persen.

Lalu, Hang Seng Hong Kong, Shanghai Komposit, dan Straits Times terkoreksi, masing-masing sebesar 1,17, persen, 0,22 persen, dan 0,22 persen.

Sebelumnya, Research Analyst Artha Sekuritas Indonesia, Dennies Christoper memproyeksi, rally IHSG berpotensi berlanjut pada sesi perdagangan hari ini, menyusul laporan kinerja keuangan semester I-2022 emiten-emiten besar yang positif.

“Dari dalam negeri pergerakan akan didorong musim rilis laporan kinerja emiten per semester I-2022. IHSG diprediksi menguat,” ujar dia, dalam risetnya, Kamis.

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

 

(Arie Saputra)