Suasana paviliun Indonesia di Cairo Supermarket Expo, Kairo, Mesir. (ANTARA/ HO-KBRI Kairo)

Jakarta, Aktual.com – Indonesia mengikuti pameran produk makanan, minuman dan hasil pertanian Cairo Supermarket Expo di Kairo, Mesir, yang berlangsung pada 24-31 Maret.

Duta Besar Indonesia untuk Mesir Lutfi Rauf mengatakan partisipasi Indonesia pada pameran ini diharapkan dapat meningkatkan penetrasi ragam produk makanan dan minuman berkualitas dari Indonesia di pasar Mesir.

“Keragaman produk ini untuk mendorong peningkatan nilai ekspor produk Indonesia ke Mesir,” kata Lutfi seperti dikutip dalam keterangan tertulis dari KBRI Kairo yang diterima pada Sabtu (26/3).

Dia mengatakan ekspor Indonesia ke Mesir pada 2021 mencapai 1,65 miliar dolar AS (setara Rp23,69 triliun) atau naik 55,66 persen dari 2020 yang tercatat 1,06 miliar dolar (sekitar Rp15,22 triliun).

Menurut Lutfi, KBRI akan melakukan lebih banyak lagi promosi seperti Cairo Supermarket Expo yang digelar setiap tahun sebelum bulan Ramadhan.

“Penetrasi pasar baru sekaligus penguatan brand image produk Indonesia menjadi dua target yang ingin dicapai dalam partisipasi Indonesia di ajang pameran Supermarket Expo,” kata dia.

Menurut Atase Perdagangan KBRI Kairo Irman Adi Purwanto Moefthi, produk Indonesia yang dipamerkan dalam Supermarket Expo itu antara lain kopi, kopi bubuk instan, biskuit, permen, tepung terigu, pupuk organik, minuman air kelapa, suplemen kesehatan, kerajinan tangan NTB dan Cirebon, dan jasa pelayaran kargo.

Pada hari pertama pameran, Indonesia telah membukukan potensi transaksi untuk pupuk organik teknologi nano Paten, produk kopi dan produk makanan ringan senilai 670 ribu dolar (sekitar Rp9,62 miliar), katanya.

Paviliun Indonesia seluas 40 meter persegi di pameran itu juga mempromosikan keindahan alam, objek wisata, dan program Spice up the World.

(Antara)

(Nurman Abdul Rahman)