Jakarta, aktual.com – Duta Besar India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti menyampaikan dukungan penuh negaranya pada tiga isu prioritas dalam presidensi Indonesia di forum kelompok 20 negara ekonomi besar dunia (G20).

“Kami ingin mengucapkan selamat kepada Indonesia karena telah menjadi Presiden G20. India sepenuhnya mendukung tiga prioritas luas pada arsitektur kesehatan global, transformasi digital, dan transisi energi berkelanjutan di bawah tema keseluruhan ‘Recover Together, Recover Stronger‘,” kata Bharti kepada ANTARA, Selasa (19/4).

Dia juga mengucapkan selamat kepada Indonesia karena berhasil menyelenggarakan berbagai pertemuan G20 secara efisien dan bermanfaat.

Konferensi tingkat tinggi (KTT) kepala pemerintahan dan kepala negara G20 akan berlangsung pada 15-16 November di Bali.

“Saya juga ingin menyampaikan harapan terbaik untuk suksesnya KTT di Bali,” kata Bharti.

Dia berharap bahwa rangkaian diskusi dan pertemuan G20 di bawah presidensi Indonesia akan memberikan hasil yang substantif untuk pemulihan pandemi global pascapandemi.

“Kami mengharapkan dan mendukung diskusi global yang akan memungkinkan pengembangan kapasitas jangka panjang, berbagi praktik terbaik, dan pendekatan yang menjangkau semua, sehingga solusi akhir dapat berpusat pada manusia dan bersifat inklusif,” katanya.

Bharti menekankan bahwa India, sebagai anggota Troika G20 dan pemegang Presidensi G20 yang akan datang, berdiri dalam solidaritas dengan Indonesia dan mendukung prioritas Indonesia di G20.

“Kami menegaskan kembali kesiapan kami untuk terus bekerja sama dengan Indonesia dan negara-negara anggota G20 untuk memajukan prioritas bersama dalam semangat kesinambungan dan konsistensi,” ucap Dubes India itu.

(Antara)

(Rizky Zulkarnain)