Hujan deras turun di kawasan Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta, Selasa (18/1/2022). ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Jakarta, Aktual.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan akan mengguyur sebagian wilayah Indonesia pada Jumat (29/7).

Menurut informasi resmi infoBMKGdijelaskan bahwa hal tersebut dipengaruhi bibit siklon tropis 95S yang berada di Samudra Hindia barat daya Sumatra dan bibit siklon tropis 93W yang berada di Samudra Pasifik Timur Filipina.

Kedua sistem ini menginduksi peningkatan Kecepatan angin lebih dari 25 knot atau low level jet di wilayah sekitarnya.

Sirkulasi siklonik juga terpantau di Kalimantan dan Sulawesi yang membentuk daerah konvergensi di Sulawesi bagian tengah. Intrusi udara kering atau dry intrusion dari belahan bumi selatan melintasi sebagian besar wilayah Indonesia bagian Tenggara dan mampu mengangkat uap air basah di depan batas intrusi menjadi lebih hangat dan lembab, yaitu di wilayah samudra Hindia Barat Daya Bengkulu, Sulawesi bagian Selatan dan tengah, Maluku, dan Papua

Peningkatan Kecepatan angin lebih dari 25 knot juga terpantau di wilayah Indonesia bagian tenggara seperti selat Makassar bagian selatan, Laut Banda Maluku bagian tenggara dan selatan, Laut Arafuru dan Papua bagian selatan.

Di Sumatera diprakirakan sebagian besar wilayah Sumatera akan mengalami hujan dengan intensitas ringan, kecuali untuk wilayah Medan dan juga Padang yang diprakirakan akan terjadi hujan dengan intensitas sedang.

Waspadai di wilayah Jambi dan juga Bengkulu diprakirakan akan terjadi hujan yang dapat disertai dengan kilat maupun petir.

Diprakirakan sebagian besar pulau Jawa akan berawan, kecuali untuk wilayah Yogyakarta yang diprakirakan akan berawan tebal.

Diprakirakan sebagian besar wilayah Kalimantan akan mengalami hujan dengan intensitas ringan, kecuali untuk yang berada di wilayah Samarinda diprakirakan akan terjadi hujan dengan intensitas sedang. Kondisi cuaca berawan juga diperkirakan terjadi di wilayah Banjarmasin.

Di wilayah Sulawesi khususnya yang berada di wilayah Palu dan juga Kendari diprakirakan akan terjadi hujan dengan intensitas ringan.

Hujan dengan intensitas lebat diperkirakan terjadi pada wilayah Mamuju dan juga Manado. Waspadai adanya potensi hujan yang dapat disertai dengan kilat maupun petir yang diperkirakan terjadi di wilayah Gorontalo. Kemudian wilayah Makassar diprakirakan akan berawan.

Bali dan Nusa Tenggara, untuk wilayah Denpasar dan Mataram diprakirakan berawan, dan Kupang diprakirakan akan cerah berawan.

Untuk yang berada di wilayah Indonesia Timur, khususnya bagi yang berada di wilayah Ternate dan juga Ambon diprakirakan akan terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Waspadai potensi hujan yang dapat disertai kilat maupun petir yang diprakirakan terjadi di wilayah Manokwari. Kemudian untuk wilayah Jayapura diprakirakan cuaca akan berawan.

(Andy Abdul Hamid)