Jakarta, Aktual.com — Indonesia memberangkatkan 115 warga untuk melakukan ibadah umrah menggunakan jalur darat dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Persatuan Emirat Arab (PEA) di Abu Dhabi menuju Arab Saudi.

Duta Besar RI untuk PEA, Husin Bagis melalui keterangan tertulisnya, di Jakarta, Selasa (29/03), menyebutkan pihaknya melepas secara langsung jemaah umroh asal Indonesia yang menggunakan armada transportasi bus.

“Saya pesan agar jemaah selalu bersyukur dan berhati-hati dalam segala hal terkait pengamanan dokumen dan pentingnya untuk terus berkoordinasi dengan panitia demi kelancaran dan keselamatan jemaah Indonesia selama menjalankan ibadah umrah,” kata Dubes Husin Bagis, kepada wartawan.

Menurut Ketua Panitia Umroh 2016 Lalan Purnama, jumlah jemaah umrah masyarakat Indonesia di PEA semakin meningkat tiap tahunnya.

Untuk tahun ini jumlah jemaah umrah Indonesia sebanyak 270 jemaah, yang terdiri atas 115 orang menggunakan transportasi darat dan 155 warga menggunakan transportasi udara.

Jemaah umrah tersebut tidak hanya berasal dari masyarakat Indonesia yang tinggal di Abu Dhabi, namun juga berasal dari Dubai, Sharjah, Ajman, Ras Al Khaimah, dan Ruwais.

Jemaah umrah yang menggunakan transportasi bus berangkat dari KBRI Abu Dhabi pada 25 Maret 2016 pukul 17.00 waktu setempat dan telah tiba selamat di tujuan pada 26 Maret.

Sementara itu jemaah umrah yang menggunakan pesawat udara telah berangkat dari Abu Dhabi pada 26 Maret.

Lalan Purnama menambahkan bahwa seluruh jemaah baik yang menggunakan transportasi darat maupun udara bertemu di Madinah, menginap di hotel yang sama untuk selanjutnya melakukan ibadah umroh bersama.

Sebelum berangkat, para jemaah ini telah mendapatkan pembekalan dari panitia serta mengikuti kegiatan manasik ibadah umrah yang bertempat di KBRI Abu Dhabi.

()