Jakarta, Aktual.com – Inggris berhasil menjadi juara Piala Eropa Wanita 2022 usai mengalahkan Jerman di Stadion Wembley, Minggu (31/07/2022) malam WIB, dengan skor tipis 2-1.

Pertandingan berlangsung dengan alot. Namun Jerman sedikit lebih unggul ketimbang Inggris dalam penguasaan bola. Sejumlah peluang pun tercipta. Namun hanya ada dua gol tercipta di waktu normal yang dihasilkan Ella Toone dan Lina Magull.

Skor imbang 1-1 menjadi hasil akhir pertandingan dalam waktu normal. Laga harus dilanjutkan ke babak extra time. Di sini, Chloe Kelly berhasil membuat Inggris unggul atas Jerman dan membawa negaranya juara Piala Eropa Wanita 2022.

Hasil ini pun menjadi gelar pertama mereka sejak turnamen itu berlangsung pada 1984. Sebelumnya pretasi terbaik mereka hanya menjadi runner-up dua kali pada tahun 1984 dan 2009.

Tim tuan rumah langsung menggeber pertandingan di 15 menit babak pertama. Variasi serangan yang dipimpin oleh Hemp dengan Walsh beberapa kali membahayakan gawang Jerman.

Jerman kemudian meningkatkan serangan di pertengahan babak. Melalui permainan lincah Dabritz melakukan umpan satu-dua dengan Oberdorf menemui Julen Brand di depan.

Inggris mencoba menekan pertahanan Jerman dengan melakukan pressing. Hal ini cukup membuat para pemain Jerman cukup kewalahan.

Menjelang akhir babak pertama, Ellen White dkk mendominasi penguasan bola. Beberapa kali melakukan percobaan tendangan berbahaya tapi tidak satupun terkonversi menjadi gol.

Di babak kedua Jerman mulai berinisiatif menekan lebih dulu. Peluang mereka diciptakan oleh pemain yang baru masuk Wassmuth. Sayang tendangannya masih bisa ditepis oleh Earps.

Namun gol pembukan justru diciptakan oleh tim tuan rumah melalui Ella Toone. Dia mendapatkan umpan sodoran dari Keira Walsh yang mampu memperdaya Merle Frohms. Skor 1-0 untuk Inggris.

Ketinggalan satu gol membuat Jerman semakin gencar melakukan serangan. Salah satunya menciptakan peluang dari Lina Magull yang mana tendangannya berhasil diamankan oleh Earps.

Magull akhirnya memecahkan kebuntuan Jerman pada menit ke-79. Dia memanfaatkan kerjasama pemain tengah Jerman yang berakhir pada umpanan dari Wassmuth. Skor menjadi 1-1.

Skor imbang memaksa pertandingan berjalan sampai babak tambahan, meski skor tak berubah di 15 menit pertama.

Barulah pada menit ke-110 Inggris berhasil merampas kembali keunggulan mereka. Berawal dari sepak pojok, bola jatuh ke depan Chloe Kelly usai mengenai Lucy Bronze. Reaksi pertamanya bisa diblok kiper Merle Frohms, tetapi reaksi kedua bintang Manchester City berhasil menggulirkan bola menembus gawang Die Nationalelf.

Skor ini bertahan sampai laga berakhir. Inggris menang 2-1 atas Jerman dan jadi juara Piala Eropa Wanita 2022.

Susunan Pemain:

Inggris (4-2-3-1): Mary Earps; Lucy Bronze, Millie Bright, Leah Williamson, Rachel Daly; Georgia Stanway, Keira Walsh; Beth Mead, Fran Kirby, Lauren Hemp; Ellen White.

Pelatih: Sarina Wiegman

Jerman (4-3-3): Merle Frohms; Guilia Gwinn, Kathrin Hendrich, Marina Hegering, Felicitas Rauch; Lina Magull, Lena Oberdorf, Sara Dabritz; Svenja Huth, Lea Schuller, Jule Brand.

Pelatih: Martina Voss-Tecklenburg

(Andy Abdul Hamid)