Vaksinasi COVID-19 di Perumahan Pesona Cilebut 2, Bogor/Istimewa

Cianjur, Aktual.com – Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menargetkan turun ke level 1 dengan cara menggenjot vaksinasi di seluruh wilayah dengan melibatkan berbagai kalangan termasuk tenaga medis di puskesmas, dengan target 10 hari ke depan sebanyak 51.000 dosis sudah dapat diberikan pada penerima

Bupati Cianjur, Herman Suherman saat dihubungi Sabtu, mengatakan target vaksinasi di masing-masing puskesmas, diyakini dapat tercapai karena ditunjang ketersediaan vaksin dari pemerintah pusat karena saat ini, Cianjur kembali ke level 3 akibat vaksinasi yang masih rendah.

“Kita juga menambah lokasi vaksinasi massal, di tiap kecamatan dengan melibatkan berbagai kalangan termasuk forkopimda. Kami berharap masyarakat dapat mendukung upaya tersebut, dengan cara mendaftarkan diri ke puskesmas atau pusat layanan vaksin terdekat,” katanya, Sabtu (9/10).

Ia menjelaskan pusat pelayanan vaksinasi masal seperti di wilayah kota, utara hingga selatan seperti Gedung Gelora Muda Cianjur, Gedung Pramuka Karangtengah, puluhan puskesmas, klinik, centra vaksin di tempat wisata dan lima rumah sakit, akan melayani vaksinasi untuk warga yang belum mendapatkan.

Pihaknya berharap target 50 persen dari 1,9 juta warga di Cianjur, sudah mendapatkan vaksinasi sebagai upaya meningkatkan kekebalan komunal dan sebagai upaya agar Cianjur dapat turun ke level 1, sehingga berbagai kegiatan tidak lagi dibatasi, terutama kegiatan perekonomian yang harus kembali ditingkatkan.

“Kita akan terus berupa memenuhi syarat turun ke level 1 sesuai dengan Inmendagri, meski angka penularan terus menurun dan pusat isolasi yang ada susah kosong dari pasien Covid-19, bahkan seluruh wilayah Cianjur, sudah nol kasus,” katanya.

Sementara Sekretaris Dinas Kesehatan Cianjur Irvan Nur Fauzy, mengatakan untuk mengejar target 50 persen dari 1,9 juta warga Cianjur, sudah mendapatkan vaksinasi, pihaknya melibatkan seluruh tenaga kesehatan mulai dari rumah sakit, puskesmas hingga klinik dengan target minimal 500 orang per hari.

“Mau tidak mau, kita akan genjot vaksinasi, agar Cianjur, dapat turun ke level 1. Vaksinasi juga melibatkan berbagai Ormas dan komunitas yang ada di Cianjur, sehingga upaya mengejar target minimal 51.000 dosis tercapai dalam 10 hari kedepan, ” katanya.

(Antara)

(Wisnu)