Jakarta, Aktual.com – Tekanan darah tinggi bisa menyerang siapapun tanpa mengenal usia. Baik muda maupun tua bisa berisiko terkena tekanan darah tinggi jika tidak mengontrol gaya hidup.

Penyebab tekanan darah tinggi adalah karena naiknya tekanan dalam tubuh. Jika dibiarkan, akan berbahaya bagi kesehatan jantung.

Penderita tekanan darah tinggi umumnya mengonsumsi obat-obatan agar tekanan darah dapat turun. Akan tetapi, tekanan darah bisa diatasi dengan mengonsumsi beberapa jenis buah yang berkhasiat menurunkan tekanan darah.

Berikut ini 3 buah yang ampuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi dilansir dari JPNN.

1. Jambu Biji

Buah jambu biji tidak hanya kaya serat, tetapi juga mengandung Vitamin C.

Dari sebuah penelitian Journal of Clinical and Diagnostic Research, zat gizi dalam buah jambu biji bisa menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

2. Pepaya

Selain kandungan serat, pepaya mengandung beberapa zat penting untuk kesehatan yaitu vitamin A, vitamin B kompleks (terutama vitamin B6, B2, dan B1), kalium, dan kalsium.

Dengan adanya kandungan ini, pepaya sangat bermanfaat bagi kesehatan. Pepaya bisa membantu metabolisme tubuh, mengontrol tekanan darah, dan menjaga kesehatan mata.

3. Kiwi

Kiwi adalah salah satu buah dengan kandungan Vitamin C yang tinggi.

Untuk satu buah kiwi saja bisa mengandung Vitamin C sebanyak 64 miligram atau setara dengan 71 persen kebutuhan orang dewasa dalam sehari.

Tidak hanya Vitamin C, kiwi juga mengandung Vitamin A, E, K, serta berbagai jenis mineral.

Keunikan dari buah kiwi adalah buah ini memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang sering ditemukan pada ikan seperti ikan salmon.

(Shavna Dewati Setiawan | JPNN)

(Aktual Academy)