Jakarta, Aktual.com – Awal 2021, Tanah Air Indonesia diterpa musibah. Sederet bencana silih berganti di beberapa daerah seperti gempa bumi yang memorak-porandakan wilayah di Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar).

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa, sontak bergerak cepat memberikan arahan kepada jajaran TNI AD untuk membantu penanganan para korban bencana alam dengan memberikan sembako, dapur lapangan, dan air bersih yang bisa langsung dikonsumsi.

Giat kemanusiaan ini dibantu Pusat Zeni TNI Angkatan Darat, Pusat Pembekalan Angkutan Angkatan Darat, dan Komando Daerah Militer XIV/Hasanuddin. Dengan rasa syukur, masyarakat di pengungsian yang menerima bantuan mengucapkan terima kasih.

“Terima kasih kepada TNI AD melalui Satgas Bekang Jakarta yang hadir di tempat pengungsian di jalur dua pintu Mamuju Sulawesi Barat, karena telah melayani makan kami dengan baik,” ujar salah satu pengungsi dikutip dari YouTube TNI AD, Senin (22/2/2021).

Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa juga memberikan arahan untuk memberikan healing treatment pascabencana kepada anak-anak di pengungsian. Langkah itu demi mencegah rasa trauma mereka yang berlarut-larut.

Menggunakan metode play teraphy, TNI mengajak anak-anak mengatasi trauma melalui media permainan dan menari karena dapat mengekspresikan emosi yang ada di dalam diri. Sebab, peristiwa geologi dan psikologi itu sangat erat kaitannya. (Fadlan Syiam Butho)

(Tino Oktaviano)