Jakarta, Aktual.com – Kepala Staf Gabungan militer AS, Jenderal Mark A Milley, menilai Indonesia  adalah mitra kunci dari negara adidaya, karena memiliki peran strategis di Kawasan Indo Pasifik. Hal ini dikatakan usai usai bertemu dengan Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Minggu (24/7).

Untuk itu, Amerika berkeinginan untuk memperkuat kerjasama militer dengan negara-negara Indo Pasifik, termasuk Indonesia.

Lebih lanjut  veteran perang Irak ini, dirinya merasa perlu untuk mengunjungi Indonesia dan bertemu dengan Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa, karena Indonesia memiliki peran penting di mata dunia.

“Indonesia adalah negara penting bagi AS, penting bagi Asia Tenggara dan penting bagi Asia serta negara penting bagi seluruh dunia,” katanya.

Menurut Jenderal Milley Indonesia memiliki perananan besar sebagai negara yang berada di kawasan Pasifik. Apalagi, lanjutnya, Lebih dari  dua per tiga perdagangan internasional melewati wilayah pasifik dan sebagian besar datang lewat jalur laut di Indonesia.

Milley menegaskan bahwa militer Amerika Serikat akan terus membangun kerja sama dengan militer Indonesia. ” Saya merasa perlu untuk mengunjungi Jakarta untuk bertemu Jenderal Andika dan mengunjungi Indonesia untuk beberapa waktu. Indonesia adalah negara penting bagi AS. Dan kami berniat untuk mempererat kerja sama di masa depan,” ucap Milley.

Bagi Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa , kunjungan Jenderal Mark A Milley adalah sebuah kehormatan. Apalagi Milley harus menempuh 24 jam penerbangan dengan pesawat militer dari Amerika ke Indonesia.

Menurut Andika, kunjungan Milley ini menunjukan bahwa militer Indonesia menjadi salah satu yang diprioritaskan. “Jadi itu sesuatu yang bagi saya juga cukup berharga. Karena menurut saya, ini menunjukan bahwa kita termasuk dalam institusi militer yang menurut kacamata beliau adalah juga prioritas.,” ujar Jenderal Andika Perkasa.

(Andy Abdul Hamid)