Ilustrasi Invoice Online (Foto: Dok. Istimewa)

Jakarta, Aktual.com – Di zaman modern ini, proses jual beli dilakukan secara elektronik. Ada berbagai pilihan pembayaran, mulai dari transfer melalui ATM, menggunakan kartu debit/kredit, hingga pembayaran online. Salah satu teknologi yang mulai banyak digunakan oleh para pengusaha adalah aplikasi invoice software yang membuat bisnis anda bergerak dengan cepat.

Aplikasi invoice software adalah perangkat lunak yang membuat tagihan (billing) secara otomatis untuk setiap produk atau jasa yang dihasilkan. Software ini akan membuat daftar jasa atau produk beserta harganya dan kemudian dikirimkan ke pelanggan anda dalam bentuk invoice.

Makin banyaknya pengusaha yang mulai meninggalkan manual invoice dan beralih menggunakan aplikasi invoice software bukanlah tanpa alasan yang kuat. Berikut ini adalah sejumlah manfaat yang bisa didapatkan dari menggunakan aplikasi invoice software.

1. Mengurangi Kejadian Telat Bayar

Kekurangan dari penggunaan manual invoice adalah lamanya pembayaran yang anda terima dari pelanggan. Kejadian ini sudah pasti akan menghambat kinerja perusahaan. Contoh paling tidak mengenakkan adalah anda terpaksa menunda pembayaran gaji karyawan karena ada pelanggan yang telat bayar tagihan.

Menggunakan aplikasi invoice software bisa menghindari kejadian tersebut dan pembayaran dari pelanggan pun akan diterima tepat waktu. Teraturnya data tagihan jadwal pembayaran akan meningkatkan profitabilitas perusahaan anda.

2. Menghindari kejadian salah bayar

Implementasi aplikasi invoice software akan menyelamatkan nyawa perusahaan anda. Manual invoicing yang rentan akan human error memungkinkan kejadian salah bayar terjadi. Apa jadinya bila produk/jasa yang sudah anda berikan tak kunjung dibayar karena anda salah kirim invoice atau bahkan lupa kirim invoice?

Aplikasi invoice software akan mencetak invoice secara otomatis ketika produk/jasa anda sudah sampai di tangan pelanggan. Tak hanya itu, sistem ini akan mengirimkan invoice tersebut secara otomatis sehingga kejadian salah kirim atau lupa kirim invoice tak kan lagi terjadi.

3. Tampilan invoice yang profesional dengan invoice software

Aplikasi invoice software biasanya dilengkapi dengan berbagai template tampilan. Anda bisa kustomisasi tampilan lembar invoice anda agar terlihat lebih profesional dan menarik untuk dilihat. Tak hanya itu saja, anda juga bisa menambahkan logo perusahaan anda dengan mudah.

Dengan tampilan invoice yang lebih baik, anda bisa meningkatkan image perusahaan di mata para pelanggan dan membuat reputasi anda menjadi lebih baik.

4. Meningkatkan pendapatan perusahaan

Aplikasi invoice software punya andil besar untuk meningkatkan pendapatan bisnis anda jika diimplementasikan dengan tepat. Yang pertama, bisa digunakan untuk mengotomatisasi tugas-tugas yang biasa dilakukan oleh staf keuangan anda. Jadi, anda bisa menghemat pengeluaran dengan mengurangi sejumlah karyawan dan meningkatkan pemasukan.

Karena dikerjakan oleh komputer, pengerjaan invoicing tak lagi memiliki resiko human error. Dengan demikian cash flow perusahaan anda bisa lebih lancar. Anda tak perlu lagi menghubungi setiap pelanggan anda yang belum melakukan pembayaran. Semua proses penagihan juga dilakukan oleh sistem secara otomatis.

5. Integrasi dengan sistem lainnya

Aplikasi invoice software, seperti e-invoicing dari Mekari Jurnal bisa diintegrasikan dengan berbagai sistem atau software lainnya yang anda gunakan, seperti misalnya sistem akuntansi, HRIS, inventaris, dan lainnya. Anda juga bisa mengkostumisasikan sistem ini sesuai dengan kebutuhan anda.

Dengan mengintegrasikan aplikasi invoice software dengan sistem akuntansi, anda bisa dengan mudah mengelola arus kas perusahaan dan pembuatan laporan pun akan menjadi lebih lengkap. Jika anda integrasikan aplikasi invoice software dengan software inventaris, segala pembayaran yang berkaitan dengan inventaris bisa dikelola lebih baik. AMP

(Nurman Abdul Rahman)