Jakarta, Aktual.co —Rundown acara gelaran pesta rakyat yang digagas gitaris band Slank, Abdee Negara, untuk menyambut pelantikan pasangan Joko Widodo- Jusuf Kalla sebagai presiden dan wakil presiden terpilih 20 Oktober nanti di sejumlah titik di Jakarta, sudah gencar bermunculan di media sosial.
Dalam rundown yang diterima Aktual.co disebutkan acara yang bertajuk “Kirab Budaya Syukuran Rakyat” itu akan dimulai pukul 09.00Wib. 
Yakni dengan berkumpulnya masyarakat pendukung Jokowi-JK di Parkir Timur Senayan.  Usai dilantik, pukul 11.45Wib rombongan Jokowi-JK bersama para pendukungannya lalu berangkat menuju kawasan Semanggi, Jakarta Pusat. 
Rombongan diperkirakan tiba di Semanggi pukul 12.00Wib. Dari titik itu pukul 12.05Wib rombongan lalu bergerak menuju Istana Negara dengan diikuti parade drumband, kirab budaya dan relawan pembersih jalan.
Pukul 13.30Wib, Jokowi-JK direncanakan mengadakan video conference dengan massa pendukungnya dan menerima ucapan selamat yang disampaikan Najwa Shihab.
Acara dilanjutkan dengan kirab budaya yang melewati Istana Negara di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. 
Menurut rencana di rundown, Jokowi akan menyambut kirab tersebut, dan pendukungnya yang berjalan kaki akan dipersilahkan masuk halaman Istana Negara.  
Berbarengan dengan itu, sejumlah mobil hias juga akan diparkir di Lapangan Banteng.
Usai menyapa para pendukungnya, Jokowi-JK pada pukul 15.00Wib akan masuk ke dalam Istana Negara.
Sedangkan pukul 16.30Wib konser di Lapangan Monas yang sudah dipersiapkan akan dimulai.
Pukul 17.00Wib, Jokowi selaku presiden terpilih direncanakan menyampaikan pidato kepada masyarakat. Dalam kesempatan itu juga akan dilakukan pemotongan tumpeng besar yang akan dibagikan kepada perwakilan warga yang berdatangan di Istana Negara.
Magrib pukul 18.00Wib Jokowi menerima ucapan selamat dari relawan, sampai pukul 19.00Wib dia kembali ke Istana Negara.
Tepat pukul 20.00Wib digelar gala dinner kenegaraan di istana. Dan tepat pukul 21.00Wib, Jokowi akan menyeberang ke Lapangan Monas untuk bergabung dengan acara musik. 
Dijadwalkan dia akan ikut ‘jamming’ dengan salah satu band yang tampil hingga selesai pukul 22.00Wib.
Diberitakan sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sudah memberi izin atas penyelenggaraan acara di Monas dan arak-arakan yang bakal dilakukan pendukung pasangan Jokowi-JK.
Dia beralasan acara seperti itu cuma lima tahun sekali.
Meskipun sudah diperkirakan akan menimbulkan kemacetan karena tanggal 20 Oktober jatuh pada hari Senin, dia menyerahkan ke pihak Polda Metro Jaya untuk pengaturannya.
Alasannya, Ahok menganggap acara tersebut adalah acara lima tahun sekali dan dianggap wajar.
“Lima tahun sekali, okelah. Monas juga boleh kok,” ujar Ahok, di Balaikota, Selasa (14/10) kemarin.

()