Jakarta, Aktual.co — Ketua Umum DPP PAN Hatta Rajasa buka suara terkait kabinet bentukan Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla.
Dia mengaku sudah tahu arah yang diinginkan oleh Presiden Jokowi dari nama “Kabinet Kerja”.
“Dari namanya kita tahu arah yang diinginkan Pak Jokowi-JK lima tahun ke depan,” tulis Hatta di twitter miliknya @hattarajasa, Senin (27/10).
Hatta membaca beragam pendapat yang muncul di media massa maupun media sosial. Ada yang pesimis, moderat sampai optimis.
“Saya berpandangan, sebagai warga bangsa, kita harus selalu bersikap optimis terhadap perjalanan bangsa kita. Dan berilah kesempatan kepada kabinet ini untuk bekerja,” tulis Hatta.
Pengalaman selama 14 tahun di pemerintahan Presiden Mega dan Presiden SBY, membuat Hatta mengerti betul apa yang dimaksud dengan kerja. Apa yang akan dihadapi lima tahun ke depan tidaklah mudah.
“Indonesia dengan skala tantangan sangat besar dan luas, membutuhkan, selain semangat kerja, juga sentuhan visioner, cerdas, ikhlas,” tulisnya.
Hatta mengingatkan ekonomi global akan kembali mengalami pelambatan dan akan berdampak ke dalam negeri. Bakal terjadi penurunan pertumbuhan ekonomi dari tren tinggi menjadi moderat.
“Tahun 2011, pertumbuhan Indonesia sekitar 6,5%, namun tahun 2014 diprediksi berkisar 5,3%. Untuk itu pemerintah harus mengambil langkah kebijakan yang serius agar tidak tergelincir pada pertumbuhan ekonomi rendah.”

()