Aktual.com – Memiliki ketiak hitam tentu menjadi hal yang menggangu. Hal ini disebabkan karena kondisi kulit yang dikenal sebagai acanthosis nigricans (AN), mengentalkan dan menghitamkan kulit ketiak.
Sudah banyak treatment yang dapat membersihkan kulit ketiak hitam. Namun, terkadang biaya yang tidak murah menjadi salah satu penghalang untuk melakukan perawatan kulit ketiak.
Tapi, sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi, karena banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk memutihkan ketiak hitam dengan harga terjangkau.
Berikut 5 bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk memutihkan ketiak hitam:
1. Cuka sari apel dan soda kue
Siapkan dua sendok teh cuka sari apel dan dua sendok teh baking soda. Kemudian campurkan cuka sari apel dengan soda kue, ketika gelembung reda, oleskan bahan tersebut ke area ketiak dan biarkan mengering.
Biarkan selama beberapa menit, kemudian bilas menggunakan air dingin dan keringkan. Lakukan hal ini tiga kali dalam seminggu untuk memutihkan ketiak hitam secara alami.
2. Susu, kunyit dan madu
Siapkan satu sendok makan susu, satu sendok teh bubuk kunyit dan madu. Kemudian campur semuanya dan aduk hingga merata, oleskan ke ketiakmu. Biarkan kering lalu bilas, lakukan hal ini tiga kali dalam seminggu.
3. Gula merah dan minyak zaitun
Siapkan tiga sendok makan gula merah dan dua sendok makan minyak zaitun murni. Kemudian campurkan bahan-bahan aduk hingga merata. Oleskan dan gosok ketiakmu selama dua menit, kemudian biarkan selama lima menit.
Setelah lima menit, bersihkan ketiak menggunakan air hangat dan gunakan handuk lembut untuk mengeringkannya. Lakukan hal ini dua kali dalam seminggu.
()