Jakarta, Aktual.co — Jakarta, Aktual.co —Menjelang pelantikan Presiden terpilih Joko Widodo dan Wakil Presiden Terpilih Jusuf Kala yang akan bertempat didalam Gedung MPR/DPR RI pukul 10.00 WIB pagi ini.
Pihak Kepolisian Polda Metro Jaya telah menyiapkan skema lalu lintas terkait adanya pawai rakyat pasca pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla. 
“Jumlah massa yang hadir dalam pesta rakyat ini diprediksi belasan ribu. Secara otomatis, tidak bisa dilalui kendaraan sehingga dilakukan pengalihan arus lalu lintas dari arah Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes (Pol) Rikwanto di Jakarta, Senin (20/10). 
Berikut ini merupakan skema pengalihan arus lalu lintas paca pelantikan Jokowi-JK :
Bundaran Senayan, penutupan Jalan Jenderal Sudirman arah utara, kendaraan diarahkan ke Jalan Hang Tuah dan Jalan Sisingamangaraja. 
TL Oteva, penutupan Jalan Medan Merdeka Barat arah selatan, dan kendaraan diarahkan menuju Jalan Majapahit-Harmoni. 
Bunderan Air Mancur, penutupan Jalan MH Thamrin arah selatan dan penutupan Jalan Medan Merdeka Barat, kendaraan diarahkan menuju Jalan Medan Merdeka Selatan dan ke Jalan Budi Kemuliaan. 
TL Harmoni, penutupan Jalan Majapahit, sedangkan Kendaraan dari arah utara diarahkan ke Jalan H. Ir. Juanda atau ke arah Jalan Suryo Pranoto. 
TL Kebon Sirih, penutupan Jalan MH Thamrin arah utara dan selatan, kendaraan diarahkan menuju Sabang ke kanan Kebon Sirih-Tugu Tani, dan seterusnya. 
TL Sarinah, penutupan Jalan MH Thamrin arah utara dan selatan, kendaraan diarahkan menuju Sabang – ke kanan Jalan Wahid Hasyim atau diluruskan ke Kebon Sirih ke kanan Tugu Tani. 
Bundaran HIkendaraan diarahkan menuju ke Jalan Imam Bonjol – Jalan Cokro dan seterusnya, sedangkan kendaraan diarahkan menuju Jalan Tanjung Karang – Jalan Kendal dan seterusnya.
Dukuh Atas, penutupan Dukuh Atas arah utara, kendaraan diarahkan menuju ke TL Dukuh Bawah.
Dharmala, penutupan Jalan Jenderal Sudirman arah utara, kendaraan diarahkan menuju ke Jalan Mas Mansyur – Jalan Karet dan seterusnya.
Semanggi, penutupan Jalan Jenderal Sudirman arah utara, kendaraan diarahkan ke Jalan Gatot Subroto arah timur (Cawang), kendaraan diarahkan ke selatan (Blok M). 
Pengalihan arus Oteva, arus kendaraan yang datang dari arah Jalan Medan Merdeka Utara menuju Sudirman-Thamrin dialihkan ke Jalan Majapahit dibelokkan ke kiri melalui Suryo Pranoto- Balikpapan- Kyai Caringin-Tomang-Jalan S Parman dan seterusnya. Sedangkan arus kendaraan yang datang dari Jalan Medan Merdeka Utara melalui Sudirman-Thamrin dialihkan ke Jalan Abdul Muis-Fachrudin- Jalan KH Mas Mansyur dan seterusnya. Arus kendaraan yang datang dari arah Jalan Medan Merdeka Utara yang menuju Sudirman-Thamrin dialihkan ke Jalan Majapahit-Gajah Mada-KH Hasyim Ashari-Kyai Tapa-Grogol dan seterusnya
Alih arus Bundaran Air Mancur :Arus kendaraan yang datang dari arah Jalan Abdul Muis menuju Jalan MedanMerdeka Barat melalui TL Museum dialihkan ke Jalan Abdul Muis Fachrudin dan seterusnya. Arus kendaraan yang datang dari arah Jalan Abdul Muis menuju Sudirman-Thamrin dialihkan ke Jalan Fachrudin dan seterusnya. Arus kendaraan yang datang dari arah Kwitang Senen menuju Monas diputar balikkan di Doorbrak Gunung Agung atau melalui Medan Merdeka Timur-Gambir dan seterusnya.
Alih arus Harmoni :Arus kendaraan yang datang dari Jalan Suryo Pranoto menuju Sudirman-Thamrin diluruskan ke Jalan Juanda atau ke kiri Jalan Gajah Mada maupun Jalan KH Hasyim Ashari-Grogol- Jalan S Parman-Daan Mogot dan seterusnya. Arus kendaraan yang datang dari arah Hayam Wuruk menuju Jalan Sudirman-Thamrin dialihkan ke kiri menuju Jalan Juanda – Jalan Pos – Dr Sutomo – Gunung Sahari dan seterusnya. Arus kendaraan yang datang dari arah Veteran menuju Sudirman-Thamrin dialihkan ke Jalan Suryo Pranoto-Tomang-Balik Papan-Kyai Caringin-Tomang Raya-Jalan S Parman atau ke Jalan Gajah Mada atau ke kiri Jalan KH Hasyim Ashari-Grogol-Jalan S Parman maupun Daan Mogot dan seterusnya.
Alih arus Kebon Sirih :Arus kendaraan yang datang dari arah Abdul Muis menuju Kebon Sirih dialihkan ke arah Jalan Fachrudin KH Mas Mansyur dan seterusnya. Arus kendaraan yang datang dari arah Agus Salim dialihkan ke kanan Kebon Sirih – Tugu Tani dan seterusnya.
Alih Arus di Bundaran HI :Jalur steril kendaraan (digunakan untuk escape), Arus kendaraan yang datang dari arah Sudirman ke Bundaran HI dialihkan ke jalan Tanjung Karang – Kendal – Latu Harihari dan seterusnya atau Tanjung Karang belok ke kiri Blora – kembali lagi Sudirman arah Semanggi. Arus kendaraan yang datang dari arah Kendal – menuju ke Tanjung Krang ditutup dialihkan kearah Blora kekiri Sudirman arah Semanggi.
Untuk masyarakat dan para pekerja diharapkan untuk menghidari beberapa ruas jalan tersebut agar tidak terkena kemacetan Pada saat pespa rakyat berlangsung hingga pukul 20.00 WIB, pesta rakyat tersebut diakhiri dengan kolaborasi dengan Group Band Slank dan Jokowi di Monument Nasional.

(Andy Abdul Hamid)