Jakarta, Aktual.co — Plt. Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Muhamad Husen mengatakan kegaitan Annual Pertamina Quality Awards mendukung upaya perusahaan dalam menghadapi persaingan global. Dirinya berharap keberadaan Knowledge Management Pertamina agar lebih dioptimalkan, sebagai wadah untuk berbagi pengetahuan, menciptakan inovasi serta terobosan yang berorientasi pada penciptaan nilai (value creation).

“Kami berharap para insan mutu Pertamina terus menciptakan inovasi-inovasi yang memberikan nilai tambah bagi perusahaan baik berupa peluang bisnis baru, maupun penghematan biaya secara optimal yang dapat mendukung upaya perusahaan mencapai aspirasi Pertamina 2025,” jelas Husen di Jakarta, Rabu (5/11).

VP Quality, System & Management Pertamina, Faisal Yusra menambahkan, secara berkelanjutan APQ Awards terus menghasilkan pencipataan nilai yang signifikan bagi perusahaan.

“Pada tahun 2010, APQ Award menghasilkan penciptaan nilai sebesar Rp986 miliar. Berlanjut di tahun berikutnya dengan menciptakan nilai bagi perusahaan sebesar Rp1,29 triliun dan pada tahun 2012 insan mutu Pertamina memberikan penciptaan nilai sebesar Rp1,85 triliun. Tahun lalu APQ Awards penciptaan nilai bagi perusahaan meningkat menjadi 2,71 triliun,” ujarnya.

Pencapaian tersebut terlihat dengan adanya pengakuan terhadap hasil inovasi Pertamina baik  di tingkat nasional maupun internasional pada tahun 2014 ini. Diantaranya 1st Winner of 2014 Indonesian MAKE Award (penghargaan tertinggi atas knowledge management Perusahaan di tingkat Nasional); 2 Gold, 4 Silver, 1 Bronze dalam International Convention on Quality Control Circle,Srilanka; 1 Diamond, dan 2 Gold dalam Quality Conference, Australia; serta 2 Gold dan 3 Silver dalam International Conference on Quality, Jepang. APQ Awards 2014, digelar selama 5 hari, mulai tanggal 1 s.d 5 November 2014, yang diikuti 139 tim yang terpilih, dari 1975 kelompok dari unit operasi, bisnis, region dan anak perusahaan Pertamina.

Untuk diketahui, insan Mutu Pertamina berhasil menciptakan value creation bagi perusahaan senilai Rp7,6 triliun dalam Annual Pertamina Quality (APQ) Awards 2014 yang merupakan ajang berbagi pengetahuan dan penciptaan inovasi berkelanjutan untuk mendukung kinerja perusahaan.

(Eka)