Kairo, aktual.com – Lebih dari sembilan juta migran internasional dari sekitar 130 negara tinggal di Mesir, menurut angka yang dirilis Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) pada Minggu (7/8).

Dalam sebuah pernyataan, IOM mengatakan jumlah migran internasional yang tinggal di Mesir adalah 9.012.582, yang merupakan 8,7 persen dari populasi Mesir.

Ada peningkatan nyata dalam jumlah migran internasional sejak 2019 karena ketidakstabilan yang berkepanjangan di negara-negara tetangga Mesir, sehingga mendorong orang-orang Sudan, Sudan Selatan, Suriah, Ethiopia, Irak, dan Yaman untuk mencari perlindungan di negara Afrika Utara itu.

Para migran internasional itu di antaranya terdiri dari empat juta warga Sudan, 1,5 juta warga Suriah, satu juta warga Yaman, dan satu juta warga Libya.

Migran dari empat negara tersebut berjumlah sekitar 80 persen dari migran yang tinggal di Mesir.

Migran internasional telah memberikan kontribusi positif terhadap pasar tenaga kerja lokal dan pertumbuhan ekonomi Mesir, kata IOM.

Mesir telah bermurah hati dalam menerima migran, pengungsi, dan pencari suaka dalam sistem pendidikan dan kesehatan nasionalnya atas dasar kesetaraan dengan orang Mesir, meskipun ada tantangan di kedua sektor dan biaya ekonomi yang berat, kata IOM.

(Antara)

(Rizky Zulkarnain)