Riyadh, Aktual.com – Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan mendesak pemerintah Israel yang baru agar “bekerja serius menyelesaikan isu-isu Palestina”.

“Kita harus fokus pada upaya penyelesaian masalah Palestina, yang akan terwujud melalui perundingan antara kedua pihak,” kata Pangeran Faisal pada Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, Rabu (18/1).

“Inilah yang sedang kita upayakan agar tercapai di tingkat komunitas internasional, namun pemerintah baru Israel tidak antusias untuk menemukan solusi,” katanya.

Perundingan antara Palestina dan Israel kandas pada 2014, sebagian besar karena Israel menolak menghentikan pembangunan permukiman di lahan Palestina yang mereka rampas.

Menlu menegaskan bahwa penyelesaian masalah Palestina harus menjadi perhatian Israel dan negara-negara di kawasan,  menurut kanal berita Arab Saudi Al Ekhbariya.

“Israel harus bekerja serius menyelesaikan isu Palestina,” ucapnya.

Terkait perkembangan di Yaman, Pangeran Faisal menjelaskan bahwa dorongan untuk “gencatan senjata permanen harus terus dilakukan.”

“Jika kita meyakinkan Al-Houthi dan pemerintah Yaman untuk gencatan senjata permanen, pintu untuk kemajuan politik akan terbuka,” katanya.

(Warto'i)