Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XIV Papua dan Papua Barat Suriel Semuel Mofu. (ANTARA/Ernes Broning Kakisina)

Sorong, Aktual.com – Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XIV Papua dan Papua Barat Suriel Semuel Mofu mengatakan bahwa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sudah mempermudah pengurusan izin pendirian perguruan tinggi di tanah Papua.

Ia mengatakan bahwa kementerian telah meringankan persyaratan dalam pendirian perguruan tinggi di Papua, antara lain dengan mengurangi syarat jumlah program studi dari lima menjadi tiga.

Menurut dia, syarat jumlah dosen per program studi juga sudah dikurangi dari enam menjadi lima dosen.

Selain itu, dia mengatakan, prosedur pembukaan program studi baru sesuai dengan kebutuhan perguruan tinggi di tanah Papua juga dipermudah.

Suriel menjelaskan pula bahwa  Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi mendukung penyelenggaraan pendidikan tinggi serta menjembatani kemitraan perguruan tinggi dengan pemerintah maupun industri.

“Kami mulai membangun komunikasi dan kerja sama dengan berbagai pihak lintas sektor, baik pemerintah tingkat pusat sampai daerah, serta dunia usaha dan industri agar perguruan tinggi di tanah Papua dapat memiliki akses dalam mewujudkan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” ungkapnya, Sabtu (9/7).

Menurut data Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XIV Papua dan Papua Barat, saat ini sudah ada 42 perguruan tinggi yang terdiri atas enam perguruan tinggi negeri dan 36 perguruan tinggi swasta di tanah Papua.

(Nurman Abdul Rahman)