Sejumlah kendaraan melintasi jalan yang mengalami keretakan di kawasan Kali Anyar, Tambora, Jakarta Barat, Rabu (7/12/2016). Retaknya jalan yang sudah lama terjadi ini diakibatkan pergeseran tanah karena berada di bantaran Sungai Banjir kanal Barat (BKB), hal ini bisa membahayakan para warga yang sering melintas di jalan tersebut. Perlunya dinas terkait untuk memperbaiki jalan tersebut agar tidak terjadi kecelakaan. AKTUAL/Munzir

Lampung, Aktual.com – Jalan lintas timur Sumatera yang menghubungkan Kabupaten Tulangbawang dan Tulangbawang Barat, Provinsi Lampung sejak beberapa bulan terakhir rusak sehingga pengendara harus ekstra hati-hati untuk melintas.

Berdasarkan pantauan di ruas jalan lintas timur Sumatera, ruas Buruk Agung, Kabupaten Tulangbawang Barat, menunjukkan kendaraan yang melintas, baik mobil pribadi maupun bus dan truk harus ekstra hati-hati karena banyak jalan berlubang sedalam 20-25 cm. Kerusakan jalan tersebut juga menimbulkan kemacetan cukup panjang.

“Hingga sekarang belum terlihat adanya perbaikan atau penambalan jalan rusak tersebut oleh pemerintah daerah setempat,” kata Baroto (35) warga Tulangbawang, Kamis (4/4).

Kerusakan jalan tersebut dikeluhkan sejumlah sopir truk, selain menyita waktu perjalanan juga membuat ongkos yang dikeluarkan pengemudi selama perjalanan bertambah besar.

Udin (42) warga Bandung , Jawa Barat, mengeluhkan kondisi kerusakan ruas jalan lintas timur Sumatera.

Akibat kerusakan jalan tersebut, dirinya harus merelakan uang jalan yang digunakan untuk menutupi biaya operasional yang membengkak. Belum lagi jika terjadi kerusakan pada kendaraan akibat masuk lubang yang cukup dalam.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Abdul Hamid