Kepala PT Taspen (Persero) Cabang Jambi bersama Sekda Kota Jambi H Budidaya tengah memberikan keterangan pers terkait kegiatan seminar kewirausahaan untuk calon penerima pensiun di Jambi. Kamis (2/5). (istimewa)
Kepala PT Taspen (Persero) Cabang Jambi bersama Sekda Kota Jambi H Budidaya tengah memberikan keterangan pers terkait kegiatan seminar kewirausahaan untuk calon penerima pensiun di Jambi. Kamis (2/5). (istimewa)

Jambi, aktual.com – Pemerintah Kota Jambi akan menjalin kerjasama berupa pelatihan bagi pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan Forum Komunikasi Pensiunan Pegawai negeri Sipil (FK-PPNS) Kota Jambi.

“Pensiunan masih bisa aktif. Jika mereka ingin beraktivitas, kita akan memfasilitasi hal tersebut,” kata Wali Kota Jambi Syarif Fasha di Jambi, Kamis [27/2].

Pelatihan bagi pensiunan tersebut perlu dilakukan, mengingat banyak pensiunan PNS yang masih memiliki kreatifitas dan aktif. Pemerintah daerah berupaya memfasilitasi dengan memberikan pelatihan.

Namun, pelatihan tersebut nantinya akan dilaksanakan bekerjasama dengan FK-PPNS sehingga kegiatan pelatihan yang dilaksanakan akan lebih memiliki nilai manfaat bagi pensiunan.

“Jangan sampai pensiunan merasa tidak di butuhkan lagi,” kata Syarif Fasha.

Menurutnya, banyak aktivitas yang dapat dilaksanakan oleh pensiunan seperti berwirausaha dan melakukan aktivitas sosial lainnya.

PNS yang memasuki masa pensiun akan merasakan perubahan yang cukup signifikan. Dari yang sebelumnya memiliki kegiatan dan aktivitas yang cukup padat hingga tidak melakukan apa-apa setelah memasuki masa pensiun.

Sementara itu, Kamis ini, FK-PPNS Kota Jambi melaksanakan musyawarah daerah yang pertama kali. Bertempat di ruang pola Griya Mayang Rumah Dinas Wali kota Jambi, FK-PPNS Kota Jambi melaksanakan pemilihan pengurus FK-PPNS Kota Jambi.

Dengan terbentuknya kepengurusan FK-PPNS Kota Jambi tersebut diharapkan dapat mengakomodir pensiunan PNS di Kota Jambi untuk aktif dan berkreasi.

Syarif dalam Musda GK-PPNS tersebut berjanji akan mendukung penuh kegiatan FK-PPNS, terutama kegiatan-kegiatan yang dapat mengembangkan aktivitas pensiunan PNS.

(Eko Priyanto)