Jayapura, Aktual.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua merekrut sebanyak 1.270 tenaga kerja untuk pengerjaan program padat karya perkotaan tahap IV 2022 di wilayah tersebut.

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kota Jayapura Titus Toding di Jayapura, Rabu (14/12), mengatakan tenaga kerja program padat karya merupakan pencari kerja yang telah mempunyai Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-e).

Menurut Titus, 1.270 peserta tersebut dibagi dalam 92 kelompok, dengan 42 kelompok melakukan pengecatan trotoar dan talud, sedangkan 50 kelompok lain membersihkan saluran drainase perkotaan.

“Untuk kelompok yang mengecat trotoar dan talud masing-masing berjumlah 10 orang dan kelompok yang membersihkan saluran drainase perkotaan masing-masing berjumlah 17 orang pekerja,” ucapnya.

Dia menjelaskan program padat karya tersebut guna menekan angka kemiskinan dan menyediakan lapangan pekerjaan bagi pengangguran, setengah pengangguran dan masyarakat ekonomi lemah di Kota Jayapura.

“Juga dalam rangka memperindah Kota Jayapura untuk menyambut Hari Raya Natal 25 Desember 2022 dan Tahun Baru 2023,” ujarnya.

Dia menambahkan para peserta padat karya mulai bekerja sejak 14-22 Desember 2022 di media jalan, trotoar, talud dan drainase perkotaan yang berada pada lima distrik di Kota Jayapura.

Sementara itu, Asisten III bidang administrasi umum Setda Kota Jayapura Amos Solossa mengatakan jumlah pekerja yang terdaftar pada Disnaker Kota Jayapura hingga Desember 2022 sebanyak 1.314 orang, yang terdiri dari 753 Orang Asli Papua (OAP) dan 561 non OAP.

“Untuk itu kami mengajak para pekerja untuk terus meningkatkan kompetensi guna mengantisipasi globalisasi penyerapan tenaga kerja di semua sektor dan lapangan usaha,” pungkasnya.

(Warto'i)