Jakarta, Aktual.co — Perusahaan Daerah (PD) Pasar Surya Kota Surabaya berupaya keras dengan berbagai cara agar Pasar Tambahrejo Kota Surabaya menjadi ramai kembali, salah satunya dengan menggelar hiburan “Jazz in Pasar” di pasar tersebut, Jumat malam (24/10).
“Salah satu tujuannya ya meramaikan Pasar Tambahrejo,” kata Dirut PD Pasar Surya Karyanto.
Menurut dia, bicara tentang pasar tradisional adalah bicara tentang budaya, salah satu pendekatannya harus lewat budaya juga. Salah satu budaya yang selama ini dianggap elitis adalah musik jazz.
“Kita akan mengubah persepsi, bahwa aliran jazz awalnya diciptakan oleh orang-orang yang jauh dari kemapanan. Makanya jika dilihat dari sejarahnya, jazz ini untuk semua kalangan,” sambungnya.
Untuk penampilan perdana kali ini, lanjut dia, pihaknya mengundang grup musik jazz lokal Surabaya yakni Fusion Jazz Community. “Nanti rencananya setiap seminggu ada tiga kali penampilan dari aliran musik mulai dari jazz, dangdut, pop dan lainnya,” ungkapnya.
Untuk menunjang seua itu, Karyanto mengatakan pihaknya akan membangun panggung kecil permanen yang akan ditempatkan di tengah pasar. “Kami berharap ini bisa dimaksimalkan dengan baik,” imbuhnya.
Jika program ini berhasil, lanjut dia, pihaknya tidak segan-segan akan mengundang grup musik jazz papan atas. “Itu nanti jika ini berjalan dengan lancar,” pungkasnya.

()