Jakarta, Aktual.comPedagang PKL dan PMKS di kawasan Masjid Istiqlal dan Lapangan Banteng menjelang Hari Raya Idul Adha.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kacamatan Sawah Besar Darwis Silitonga mengatakan, penertiban PKL dan PMKS itu bertujuan menciptakan kenyamanan bagi umat Muslim untuk beribadah  saat Hari Raya Idul Adha di Masjid Istiqlal.

“Tujuannya supaya jamaah nyaman beribadah. Kami juga menjaga ketentraman dan ketertiban di Lapangan Banteng sebagai ikon Jakarta Pusat, sehingga pengunjung bisa menikmati keindahan dengan baik,” kata Darwis di kawasan Masjid Istiqlal, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Kamis (6/7).

Darwis menjelaskan dalam penertiban PKL dan PMKS ini, petugas mengamankan sejumlah gerobak untuk diangkut ke Kantor Kecamatan Sawah Besar.

Satpol PP nanti menyelenggarakan sidang yustisi untuk memberikan efek jera kepada pedagang.

“Kita bawa ke kantor kecamatan nanti mereka ambil di kantor dan akan kita kembalikan lagi. Gerobak yang kita amankan itu yang ditinggalkan pemiliknya dan gerobak-gerobak di atas trotoar,” kata dia.

Sementara itu, Lurah Pasar Baru Arbi Novianto mengatakan bersama dengan petugas Satpol PP Sawah Besar, pihaknya juga berhasil mengamankan setidaknya lima PMKS.

Kelima PMKS tersebut diamankan saat mereka tengah beristirahat di bawah jembatan rel kereta, tepatnya di Jalan Veteran I.

“Ada lima kita amankan PMKS. Semuanya langsung dibawa ke panti Kedoya, Jakarta Barat untuk mendapatkan pelatihan dari Dinas Sosial,” kata Arbi.

(Wisnu)